NUSANTARA

Swasembada Kedelai Tercapai Jika Harga Rp 10 ribu per Kg

"Para petani kedelai di Jawa Timur dan Jawa Tengah optimistis swasembada kedelai bisa tercapai tahun depan. Asalkan pemerintah bisa menjamin harga kedelai di tingkat petani."

Eli Kamilah

Swasembada Kedelai Tercapai Jika Harga Rp 10 ribu per Kg
kedelai, tempe, mogok, swasembada

KBR68H, Jakarta - Para petani kedelai di Jawa Timur dan Jawa Tengah optimistis swasembada kedelai bisa tercapai tahun depan. Asalkan pemerintah bisa menjamin harga kedelai di tingkat petani. 


Petani meminta harga beli kedelai bisa menyentuh angka Rp 10 ribu per kilogramnya. Petani asal Demak Jawa Timur, Mujiwanto mengatakan saat ini banyak petani kedelai gulung tikar. Sebab harga beli kedelai yang ditetapkan pemerintah sangat rendah.


"Mari kita hidupkan lagi kedelai lokal dengan jaminan harga dan dilindungi. Karena kalau hitung-hitungan, paling yang diterima petani di bulog hanya 6000an, tidak sampai 7000. Jadi jangan salahkan petani kalau tidak mau tanam kedelai," kata Mujiwanto di Jakarta, Rabu (25/9).


Sebelumnya, pemerintah menetapkan harga beli kedelai di petani sebesar Rp 7000/kg nya. Padahal harga tersebut tidak menguntungkan petani. Apalagi paket kebijakan pemerintah terkait izin impor dan pembebasan bea masuk impor kedelai memukul produksi petani lokal.


Editor: Antonius Eko 

  • kedelai
  • tempe
  • mogok
  • swasembada

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!