RAGAM

SOS Children’s Villages Dukung Talenta Terbaik Gen Z Indonesia Melalui YouthCan!

"SOS Children’s Villages mengadakan YouthCan! Joint Action Workshop dalam mendukung perkembangan remaja serta persiapannya dalam memasuki dunia kerja."

AUTHOR / Iqbal Rizqy Ramadhan

SOS Children's Villages Indonesia - YouthCan! Joint Action Workshop

KBR, Jakarta – SOS Children’s Villages yang merupakan lembaga pengasuhan alternatif berbasis keluarga, memberikan rumah baru bagi para anak-anak yang telah kehilangan pengasuhan orang tua. Anak-anak berada dalam pengasuhan alternatif SOS Children’s Villages sampai mereka dapat mencapai kemandirian di usia dewasa.

Berbagai industri dunia yang tumbuh semakin dinamis di era modern seperti sekarang tentunya menuntut kemampuan lebih dari para profesional muda yang ingin merintis karir. Tuntutan tersebut sangat dirasakan oleh para generasi muda usia remaja yang sedang mempersiapkan masa depan mereka, tak terkecuali para remaja di dalam asuhan SOS Children’s Villages.

Melihat berbagai kebutuhan peningkatan kapasitas yang sangat penting bagi para remaja, SOS Children's Villages melalui kemitraan dengan berbagai perusahaan dan lembaga menyiapkan program dukungan yang bertajuk YouthCan! yaitu sebuah program yang mengintegrasikan tiga pilar yakni pendampingan, pelatihan, dan praktik kerja untuk memberikan bimbingan profesional kepada para remaja usia 15 - 24 tahun.

SOS Children’s Villages dan para mitra bersama-sama menciptakan peluang yang baik dan menginspirasi para remaja guna memperkuat kemampuan kerja mereka dan memungkinkan mereka memperoleh pengalaman praktis, keterampilan bermanfaat, dan pengetahuan yang relevan.

SOS Children’s Villages telah mengimplementasikan program YouthCan! bersama berbagai mitra perusahaan baik global maupun lokal sejak tahun 2017 dan berbagai pembelajaran dan praktik baik telah didapatkan sepanjang 5 tahun terakhir.

Pada tahun 2023, guna memperbaiki dan meningkatkan implementasi program YouthCan!, dicanangkanlah kerjasama tematik dengan para mitra perusahan dalam bentuk Joint Action. Bertempat di Ruang Serbaguna Gedung Askrindo, Jakarta Pusat, SOS Children’s Villages mengadakan YouthCan! Joint Action Workshop dengan tema “Empowering Young People to Become Their Strongest Selves”.

Acara ini dihadiri oleh mitra pendukung YouthCan! yang berkomitmen untuk bersinergi bersama dalam mendukung perkembangan remaja serta persiapannya dalam memasuki dunia kerja. Para mitra yang hadir antara lain adalah: Askrindo, DHL, Siegwerk, Karcher dan Insight Investments, Hotel Hilton Bandung, Merck Indonesia, Chubb Indonesia, Akzonobel dan Swissôtel Jakarta.

Melalui workshop ini diharapkan para mitra perusahaan dapat mengetahui sejauh mana implementasi YouthCan! serta kebutuhan para remaja dan kegiatan apa yang akan dirancang, guna berkontribusi pada pencapaian outcome dan output kerangka kerja YouthCan! secara global.

Mengenai acara YouthCan! Joint Action Workshop, Gregor Hadi Nitihardjo selaku National Director SOS Children’s Villages mengatakan “Masa remaja merupakan masa krusial di hidup seorang anak dalam upaya mereka meraih kemandirian di usia dewasa nantinya. SOS Children’s Villages sangat berterima kasih dan mengapresiasi para mitra yang bergabung dalam YouthCan! Joint Action Workshop atas dukungan yang diberikan kepada para remaja dalam usaha mereka meraih masa depan yang cerah. Dengan dukungan para mitra Sahabat SOS sebagai expertise di bidangnya masing-masing, tentu kami sangat terbantu dalam memberikan panduan optimal bagi remaja kami dalam meniti karir mereka nantinya. Semoga ke depannya, kerjasama ini dapat terjalin dengan baik sehingga bisa mewujudkan generasi muda Indonesia yang berkualitas dan memiliki daya saing yang mumpuni.”

Untuk mengetahui secara langsung kebutuhan para remaja yang berada dalam pengasuhan SOS Children’s Villages, YouthCan! Joint Action Workshop memberikan kesempatan kepada perwakilan remaja yang juga Presiden dari NYC (National Youth Coalition) SOS Children’s Villages untuk secara langsung mengungkapkan beberapa hal yang menjadi kebutuhan utama dirinya dan rekan remaja lainnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan beberapa hal yang menjadi perhatian dan pertimbangan mereka dalam mempersiapkan diri bersaing dalam dunia profesional. Informasi yang mereka sampaikan diserap dengan baik oleh para mitra yang hadir. Para mitra kemudian memberikan tanggapan mereka pada kesimpulan akhir tentang komitmen dukungan yang dapat diberikan dan pelaksanaannya akan dirumuskan lewat pertemuan selanjutnya dengan tim SOS Children’s Villages.

Ke depannya, SOS Children’s Villages Indonesia berharap untuk dapat terus membangun keluarga yang kuat dan penuh kasih sayang bagi anak-anak yang ditinggalkan, rentan, dan kehilangan pengasuhan orang tua. Tentunya dengan dukungan luar biasa dari para mitra perusahaan dan lembaga #SahabatSOS, SOS Children’s Villages Indonesia yakin dapat menjalankan visi dan misi serta program kerja yang di bangun demi masa depan anak-anak Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai SOS Children’s Villages di Indonesia, silahkan mengunjungi https://www.sos.or.id/dukungan-anda. Saatnya kita bersatu #BersamaUntukAnak demi mewujudkan masa depan cerah bagi anak-anak Indonesia.

Baca juga: Misi #MengayuhUntukAnak Bike To Care 2023 Telah Berhasil Mengumpulkan 578 Juta Rupiah - kbr.id

  • SOS Children's Villages
  • YouthCan!
  • Gen Z
  • talenta
  • workshop
  • SahabatSOS

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!