RAGAM

Setengah Abad YLKI, Menuju Paradigma Baru dalam Perlindungan Konsumen

"YLKI merayakan ulang tahun ke-50 dengan meluncurkan buku berjudul "Setengah Abad Mendengar Konsumen". Peluncuran buku ini dilakukan di Hotel JS Luwansa Jakarta pada 11 Mei 2023."

Debora Tanya

Setengah Abad YLKI, Menuju Paradigma Baru dalam Perlindungan Konsumen
Perayaan hari ulang tahun ke-50 Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) di Hotel JS Luwanza Jakarta, Kamis (11/5/2023).

KBR, Jakarta – YLKI, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia, merayakan ulang tahun ke-50 dengan meluncurkan buku berjudul "Setengah Abad Mendengar Konsumen". Peluncuran buku ini dilakukan di Hotel JS Luwansa Jakarta pada 11 Mei 2023. Buku "Setengah Abad Mendengar Konsumen" mengisahkan perjalanan YLKI selama 50 tahun. Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI, menyampaikan bahwa buku tersebut mencakup perjalanan YLKI sejak berdiri hingga saat ini.

Proses penulisan buku dimulai dengan wawancara intensif dengan para senior YLKI, di mana mereka berbagi kenangan dan pengalaman selama setengah abad tersebut. “Dalam proses penulisan buku ini banyak ditemukan cerita-cerita unik yang beragam, mulai dari kisah pahit, manis, lucu, hingga ironis, ungkap Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi. Ia juga menekankan bahwa di usianya yang ke-50 tahun, YLKI tetap berkomitmen untuk melindungi hak-hak konsumen dan terus mengedukasi masyarakat mengenai hak-hak tersebut.

YLKI mendapatkan apresiasi dari sejumlah tokoh nasional dalam perayaan ulang tahunnya. Menteri Perhubungan, Ir. Budi Karya Sumadi, memberikan apresiasi atas konsistensi dan komitmen YLKI dalam melindungi hak-hak konsumen di Indonesia. Begawan Ekonomi, Emil Salim, juga memuji peran YLKI sejauh ini. Emil berharap YLKI dapat berperan aktif dalam menghimpun suara konsumen di dunia digital, sehingga konsumen tidak perlu melaporkan langsung ke kantor YLKI. Selain peluncuran buku, perayaan ulang tahun YLKI juga diisi dengan Festival Konsumen Indonesia. Acara ini dihadiri oleh para senior YLKI, serta sejumlah lembaga dan departemen seperti BUMN, BPJS Kesehatan, dan Ombudsman.

Di penghujung acara, Ketua YLKI di dampingi para senior YLKI melakukan prosesi pemotongan tumpeng sebagai bentuk syukur atas perjalanan setengah abad dalam melindungi konsumen Indonesia.

Baca juga: Wacana Perbedaan Tarif KRL - kbr.id

  • advertorial
  • konsumen
  • buku
  • peluncuran buku
  • YLKI

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!