NUSANTARA

Ribuan Surat Suara Pemilu di Bondowoso Rusak

"KBR68H, Bondowoso "

Friska Kalia

Ribuan Surat Suara Pemilu di Bondowoso Rusak
bondowoso, surat suara, rusak


KBR68H, Bondowoso – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso, Jawa Timur, menemukan sebanyak 6 ribuan surat suara DPD dan DPR RI yang rusak. Edy Santoso, Staf Divisi Logistik KPU Bondowoso mengatakan, kerusakan surat suara yang ditemukan antara lain, terdapat tinta, surat suara robek, dan nama calon yang tidak jelas. (Baca: KPU: Penggantian Logistik Rusak Pakai Anggaran Sisa)

“Untuk DPR RI hasil sortir kemarin, ditemukan surat suara rusak karena ada tinta, surat suara robek, nama calon yang tidak jelas, sekitar 2.979 surat suara,” kata Edy kepada KBR68H, Selasa (25/02).

Sementara untuk surat suara DPD, ditemukan surat suara rusak sebanyak 4 ribu lebih. Menurut Edy, proses penyortiran dan pelipatan surat suara di Bondowoso dilakukan selama 24 jam penuh, dengan mengerahkan sekitar 150 tenaga harian lepas, agar pendistribusian surat suara bisa tepat waktu. (Baca: Logistik Pemilu Rusak Akibat Banjir, KPU Pangkas Anggaran)

Berdasarkan hasil pemutakhiran Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Bondowoso, KPUD mencatat terpadat lebih dari 609.070 pemilih yang akan memberikan hak suaranya di hampir 1.960 Tempat Pemungutan Suara.
 
Editor: Nanda Hidayat

  • bondowoso
  • surat suara
  • rusak

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!