NUSANTARA

Pulau Jawa Prioritas Pengembangan Hutan Bambu

Pulau Jawa Prioritas Pengembangan Hutan Bambu
hutan bambu, pulau jawa

KBR68H, Jakarta - Pulau Jawa bakal menjadi wilayah prioritas utama pengembangan hutan bambu di Indonesia.

Asisten Deputi Pengendalian Kerusakan Ekosistem Perairan Darat Kementerian Lingkungan Hidup, Hermono Sigit mengatakan, pemilihan ini karena Jawa termasuk wilayah yang banyak tercemari limbah. Wilayah seperti ini dianggap cocok untuk target pengembangan hutan bambu.

Hutan bambu diharapkan bisa menjadi tanaman pelindung bagi ekosistem dan konservasi sumber daya air baku di Indonesia.

"Kita dorong Jawa menjadi prioritas utama, karena ancaman kekurangan air baku di Jawa itu semakin nampak. Untuk khususnya air bersih terutama. Sementara yang kedua, ya daerah-daerah yang kritis seperti NTT dan NTB. Bambunya nanti menyesuaikan dengan kondisi iklimnya."ujar Hermono Sigit saat dihubungi KBR68H.

Asisten Deputi Pengendalian Kerusakan Ekosistem Perairan Darat Kementerian Lingkungan Hidup, Hermono Sigit menambahkan, salah satu daerah yang telah mengembangkan hutan bambu adalah Kabupaten Gianyar, Bali.

Kementerian saat ini tengah mendorong lebih banyak provinsi ikut terlibat di dalam program ini. Selain memiliki manfaat ekologis dan membantu melestarikan sumber air bau, bambu juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Editor: Antonius Eko 

  • hutan bambu
  • pulau jawa

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!