NASIONAL

Pulau Jawa Masih Dominasi Penyerapan Investasi

"Pulau Jawa masih menjadi wilayah yang paling tinggi menyerap investasi atau penanaman modal baik dari dalam maupun luar negeri sepanjang tahun lalu. Para investor beralasan Pulau Jawa memiliki infrastruktur yang lebih baik dibandingkan pulau lain."

AUTHOR / Sasmito

Pulau Jawa Masih Dominasi Penyerapan Investasi
investasi, pulau jawa

KBR68H, Jakarta - Pulau Jawa masih menjadi wilayah yang paling tinggi menyerap investasi atau penanaman modal baik dari dalam maupun luar negeri sepanjang tahun lalu. Para investor beralasan Pulau Jawa memiliki infrastruktur yang lebih baik dibandingkan pulau lain.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Muhammad Chatib Basri mengatakan, realisasi penanaman modal di Jawa mencapai Rp 175 triliun. Angka itu mencapai setengah dari penyerapan investasi nasional.

"Koridor ekonomi masih tetap didominasi Jawa. PMDM nya 56 triliun itu paling besar di Jawa diikuti Kalimantan. PMA nya Jawa diikuti Kalimantan. Jadi ada upaya baik sekarang Sumatera mulai naik, Kalimantan mulai naik.Tetapi porsi dari Jawa itu masih besar. Ini yang mesti kita encourage,” jelas Muhammad Chatib Basri

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Muhammad Chatib Basri menambahkan, beberapa daerah lain yang mulai mengalami peningkatan investasi yaitu Sumatera dan Kalimantan.

Tahun lalu pulau Sumatera mampu merealisasikan investasi sebesar Rp4 7 triliun dan Kalimantan sebesar Rp 45 triliun. Sementara untuk Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara dan Papua masih di kisaran angka belasan triliun.

  • investasi
  • pulau jawa

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!