NASIONAL

Pelindo Minta Suntikan APBN Rp 160 Triliun

"- Empat perusahaan BUMN pengelola Pelabuhan, PT Pelayaran Indonesia (Pelindo) I, II, III dan IV meminta suntikan dana APBN sebesar Rp 160 triliun."

AUTHOR / Pebriansyah Ariefana

Pelindo Minta Suntikan APBN Rp 160 Triliun
pelindo

KBR68H, Jakarta - Empat perusahaan BUMN pengelola Pelabuhan, PT Pelayaran Indonesia (Pelindo) I, II, III dan IV meminta suntikan dana APBN sebesar Rp 160 triliun. Deputi Komersil dan Pengembangan Usaha PT Pelindo I, Bambang Eka mengatakan dana itu untuk memperbaiki pelabuhan dan pembangunan pelabuhan baru di seluruh Indonesia. Apalagi banyak pelabuhan tidak memadai untuk jasa pengangkutan kapal Internasional. Diantaranya berada di kawasan Indonesia timur.

"Harus ada kombinasilah. Jadi APBN itu untuk membangun infrastrukturnya, untuk dermaga, nanti pelindo secara koorporasi selaku penyediaan peralatannya. (Berapa yang diperlukan untuk 1 pelindo?) Untuk satu Pelindo butuh Rp 40-an triliun. Untuk membangun pelabuhan, kalau pelabuhan baru. Itu bukan otomatis satu Pelindo yang membangun," kata Bambang Eka kepada KBR68H di Gedung DPR Jakarta, Kamis (7/3).

Deputi Komersil dan Pengembangan Usaha PT Pelindo I, Bambang Eka menambahkan suntikan dana APBN itu bersifat pinjaman. Namun PT Pelindo meminta keringanan bunga pinjaman kepada pemerintah. Sebab investasi pelayaran dan pelabuhan mempunyai pengembalian modal yang lambat dan paling kecil di banding BUMN lain.

  • pelindo

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!