BERITA

Ngotot Reshuffle, JK Diduga Sudah Kantongi Nama Menteri Pengganti

"Syamsudin khawatir Kalla sudah mengantongi nama-nama menteri pengganti jika reshuffle benar-benar dilakukan."

AUTHOR / Ika Manan

Ngotot Reshuffle, JK Diduga Sudah Kantongi Nama Menteri Pengganti
Kabinet Menteri. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Pengamat Politik LIPI, Syamsudin Haris menilai antusiasme Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menyampaikan wacana reshuffle atau perombakan kabinet bisa membahayakan pemerintahan Jokowi-JK. Sebab, kata dia, mestinya kewenangan perombakan sepenuhnya berada di tangan Presiden Joko Widodo. Mengamati Kalla yang lebih gencar menggulirkan wacana reshuffle itu, Syamsudin khawatir Kalla sudah mengantongi nama-nama menteri pengganti jika reshuffle benar-benar dilakukan.

"Ya itulah, mestinya Pak JK bisa menahan diri juga, sebab beliau tidak punya kewenangan untuk itu (reshuffle). Dan yang saya khawatirkan adalah apabila nanti reshuffle betul-betul dilakukan, Pak JK sudah punya nama-nama siapa yang harus diganti, siapa yang jangan diganti gitu lho. Ya itu kan tidak sehat," jelas Syamsuddin kepada KBR, Rabu (7/5/2015).


Sebelumnya, Wapres Jusuf Kalla mengisyaratkan reshuffle kabinet akan dilakukan dalam beberapa waktu ke depan. Kalla menilai reshuffle diperlukan untuk peningkatan kinerja kabinet.


Sebelumnya, beredar informasi tentang rencana reshuffle tiga menteri, yakni Menkopolhukam Tedjo Edhie, Menhan Ryamizard Ryacudu dan Menteri Perdagangan Rahmat Gobel. Sementara Presiden Joko Widodo juga masih menolak berkomentar tentang wacana reshuffle tersebut. 

Editor: Damar Fery

  • Reshuffle
  • Menteri
  • Jusuf Kalla
  • Kabinet Kerja

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!