NUSANTARA

Mudik Gratis ke Pulau Sapeken Madura Sepi Peminat

"Hari pertama mudik gratis ke Pulau Sapeken Madura dari Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, sepi peminat. Dari 200 kuota penumpang kapal yang disediakan per harinya, hanya 89 orang yang ikut mudik gratis."

AUTHOR / Hermawan

Mudik Gratis ke Pulau Sapeken Madura Sepi Peminat
Mudik Gratis, Pulau Sapeken Madura

KBR, Banyuwangi – Hari pertama mudik gratis ke Pulau Sapeken Madura dari Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, sepi peminat. Dari 200 kuota penumpang kapal yang disediakan per harinya, hanya 89 orang yang ikut mudik gratis.

Menurut Kepala Administrasi Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi, Sri Sukesi, sepinya penumpang mudik gratis di hari pertama karena sebagian penumpang lebih memilih naik kapal komersial dengan jurusan yang sama dengan jadwal pemberangkatan lebih awal.

Selain itu, kata Sri Sukesi, berdasarkan hasil pemeriksaan kelaikan kapal, armada kapal perintis untuk angkutan mudik gratis ini tidak cukup untuk mengangkut 200 orang penumpang. Sehingga untuk menghindari kelebihan kapasitas penumpang, pihaknya mengurangi muatan kapal.

“Yang berangkat hari ini dengan tiket tanggal 22 ada 89 orang. Kurang karena bisa 100 maksimal seratus, semula memang diperkirakan 200 tapi pada kenyataanya setelah kami tadi pagi cek ke kapal dan dihitung sesuai aturan yang ada ternyata hanya cukup untuk 100 penumpang. 5 kali PP ya tanggal 22, tanggal 24, tanggal 26, tanggal 29 dan tanggal 31,” kata Sri Sukes kepada Portalkbr, Selasa (22/7).

Administrasi Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi Sri Sukesi menambahkan, hingga saat ini tiket mudik gratis ke Pulau Sapeken Madura masih tersedia. Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan mudik gratis ini bisa mendaftar langsung ke Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi.

Sementara itu, kapal yang digunakan untuk angkutan mudik gratis ini yaitu satu kapal kargo yang sudah dimodifikasi. Mudik gratis ini dilakukan selama 5 kali pemberangkatan Pergi-Pulang (PP) dari pelabuhan Tanjungwangi.

Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, untuk angkutan Lebaran 2014 ini total disiapkan 174 kapal feri dan 1.200 kapal untuk mengangkut pemudik. Tahun ini diprediksikan akan ada 1,6 juta dari total 30 juta pemudik yang akan menggunakan kapal sebagai alat transportasi mereka.

Editor: Anto Sidharta

  • Mudik Gratis
  • Pulau Sapeken Madura

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!