NASIONAL

Mendagri: Seluruh Daerah Harus Punya Dinas Damkar

"Tito menambahkan, organisasi pemadam kebakaran dan penyelamatan di daerah bisa berdiri sendiri, atau melekat dengan BPBD dan Satpol PP."

AUTHOR / Ardhi Ridwansyah

Damkar
Srikandi Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Jawa Bara siaga melaksanakan tugas. (Foto: Pradita Kurniawan Syah/antaranews)

KBR, Jakarta - Seluruh kepala daerah diimbau membentuk Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengungkapkan, ada ratusan kabupaten-kota yang belum memiliki Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

Saat ini, baru sekitar 30 persen kabupaten dan kota yang memiliki dinas pemadam.

"Saya mohon kepada rekan-rekan kepala daerah, tolong karena masih ada beberapa daerah kami lihat belum semua daerah memiliki organisasi pemadam kebakaran dan penyelamatan. Kabupaten/kota baru 120 dari 416 kabupaten/kota. Nah ini mohon yang belum kalau memang ya, Pak, di tempat kami enggak ada kebakaran tapi kan ada masalah-masalah yang memerlukan penyelamatan," kata Mendagri Tito Karnavian dalam Upacara Peringatan HUT Ke-104 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Tingkat Nasional Tahun 2023, Rabu (1/3/2023).

Baca juga:

- Personel Pemadam Kebakaran Harus Dapat Proteksi Asuransi

- Banyak yang Lalai, Waspada Karhutla di Tahun Politik

Tito menambahkan, organisasi pemadam kebakaran dan penyelamatan di daerah bisa berdiri sendiri, atau melekat dengan BPBD dan Satpol PP.

Salah satu provinsi yang belum melengkapi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan adalah Jawa Barat. Dari total 26 kabupaten-kota se-Jawa Barat, baru 13 daerah yang sudah memiliki dinas pemadam kebakaran mandiri.

Editor: Fadli

  • Damkar
  • Tito Karnavian
  • Satpol PP

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!