BERITA

Menag Bantah Ada Jemaah Haji Batal Berangkat Karena Visa

""Yang terjadi sebagian jamaah ada di gelombang II meminta maju untuk bisa berangkat di gelombang I.""

AUTHOR / Ade Irmansyah

Menag Bantah Ada Jemaah Haji Batal Berangkat Karena Visa
Calon haji asal Sukabumi dan Kabupaten Bogor tertunda di Asrama Haji Embarkasi Jakarta Bekasi, di Bekasi, Jawa Barat, Senin (15/8), karena kelengkapan dokumen visanya belum selesai. (Foto: Antara)



KBR, Jakarta- Pemerintah membantah soal adanya penundaan dan pembatalan keberangkatan sejumlah jemaah haji pada musim  ini. Menteri Agama, Lukman Hakim Saefudin mengatakan,  banyak  calon jemaah haji gelombang dua yang menginginkan pindah keberangkatan ke gelombang satu.

Kata dia, ada petugas yang akan mengusahakan itu dan para jamaah haji gelombang II tersebut merasa sudah bisa dipastikan. Sehingga, ketika tiba pemberangkatan kloter awal yang bersangkutan visanya belum selesai.

"Yang terjadi sebagian jamaah ada di gelombang II meminta  maju untuk bisa berangkat di gelombang I. Alasannya ada sebagian karena pembimbing KBIH-nya ada di gelombang I , ingin bersama- sama pembimbinganya. Sebagian lain alasannya saudaranya, tetangganya, familinya dan teman se-kabupatennya berangkat di gelombang I sehingga dia ingin pindah," ujarnya kepada wartawan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/08).


Kata dia, Kemenag tidak bisa memberangkatkan calon jemaah   yang visanya  belum keluar. Kata dia, pengeluaran visa digilir sesuai gelombang dan kloter si jemaah haji yang bersangkutan.


"Sehingga ketika tiba pemberangkatan gelombang I atau kloter awal yang bersangkutan visanya belum selesai ya tentu tak bisa diberangkatkan. Kementerian Agama tidak mungkin berangkatkan seseorang yang visa dan paspornya belum siap.  Tidak bisa berangkat lalu mereka bilang bahwa saya tertunda keberangkatannya. Visa belum keluar karena memang mereka berada di gelombang atau kloter II," ujarnya.


Dia menambahkan, proses penerbitan visa jamaah haji kloter kedua sudah hampir selesai. Hanya tinggal 262 visa jamaah haji yang masih diproses dan diharapkan sudah selesai pada hari pemberangkatan  22 Agustus 2016.


"Prosesnya sedang berlangsung dan alhamdulillah sampai dua hari lalu tinggal 262  saja yang belum memiliki visa dan mudah-mudahan jelang 22 Agustus  kloter II diberangkatkan, dan semua sudah selesai. Saya ingin tegaskan sekali lagi bahwa seluruh visa untuk Gelombang I sudah final dan 100 persen jadi sudah tidak ada masalah sebenarnya sambil lalu berangsur menuntaskan visa di gelombang II," tegasnya.


Editor: Rony Sitanggang

  • musim haji 2016
  • menteri agama lukman hakim syaifuddin
  • visa haji

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!