NUSANTARA

Kunjungan Wisman ke Aceh Meningkat

"Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Aceh pada September lalu cukup menggembirakan dibandingkan beberapa bulan sebelumnya. Jumlah kunjungan wisman pada September sebanyak 1.247 orang atau meningkat 7,5 persen dibandingkan bulan Agustus yang ber"

AUTHOR / Radio Antero

Kunjungan Wisman ke Aceh Meningkat
wisatawan, aceh

KBR68H, Banda Aceh - Jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Aceh pada September lalu cukup menggembirakan dibandingkan beberapa bulan sebelumnya. Jumlah kunjungan wisman pada September sebanyak 1.247 orang atau meningkat 7,5 persen dibandingkan bulan Agustus yang berjumlah 1.160 orang.


Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh Hermanto mengatakan meningkatnya jumlah kunjungan wisman dipengaruhi oleh adanya sejumlah kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Aceh.  


Hermanto berharap meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan bisa memperbaiki perekonomian masyarakat Aceh. Menurutnya, semakin banyak wisatawan yang berkunjung maka semakin banyak uang yang dibelanjakan di provinsi ini.


“Wisman yang melalui pintu kedatangan di Aceh sudah cukup menggembirakan, karena memang banyak momen penting pada bulan lalu. Kunjungan wisman ini sangat penting untuk merubah pendapatan masyarakat,” lanjutnya lagi.


Hermanto menambahkan secara komulatif pencapaian jumlah wisatawan dari bulan Januari sampai September 2013 sudah mencapai 9.592 orang, atau meningkat 1,03 persen bila dibandingkan periode yang sama tahun 2012 yang berjumlah 9.491 orang.


Hermanto merincikan, dari 1.247 orang wisman yang berkunjung ke Aceh pada September lalu, sebanyak 907  berasal dari Malaysia. Disusul Australia sebanyak 45 orang. Cina 33 orang, Jerman 29 orang dan Amerika Serikat 28 orang.


Tahun ini Pemerintah Aceh telah menetapkan sebagai tahun kunjungan wisata atau Visit Aceh Year 2013. pemerintah Aceh berharap pencanangan ini bisa memperbaiki jumlah kunjungan wisman ke sana. 


Editor: Antonius Eko 


Sumber: radio Antero Banda Aceh 

  • wisatawan
  • aceh

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!