NASIONAL
Kompolnas Akan Benahi Layanan Pengaduan Polisi Lebih Modern
Sehingga trust ini menjadi terbangun ya karena respons kami bisa menjadi cepat dan kami bisa menjadi lebih tuntas dalam penanganannya
AUTHOR / Heru Haetami
-
EDITOR / Wahyu Setiawan
KBR, Jakarta - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) akan membenahi layanan atau manajemen pengaduan menjadi lebih modern. Itu disampaikan Menteri Koordinator bidang Politik dan Keamanan (Menko Polkam) sekaligus Ketua Kompolnas Budi Gunawan.
"Kami tahu bahwa pengaduan masyarakat atau komplain, manajemen komplain ini perlu kami benahi. Saat ini memang pengaduan-pengaduan atau komplain kepada Kompolnas ini sangat banyak, overload lah. Sehingga perlu ada penguatan-penguatan di dalam penanganan komplain," ujar Budi di Kantor Kemenko Polkam, Senin (11/11/2024).
Budi menambahkan, upaya perbaikan yang akan dilakukan yakni dengan memodernisasi layanan pengaduan.
Dia berharap, perbaikan manajemen pengaduan ini akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pengawas kepolisian itu.
"Memodernkan. Sehingga trust ini menjadi terbangun ya karena respons kami bisa menjadi cepat dan kami bisa menjadi lebih tuntas dalam penanganannya," katanya.
Budi bilang, beberapa pembenahan juga dilakukan di bidang struktur organisasi. Dia menyebut banyak sarana prasarana yang minim untuk menunjang kerja Kompolnas.
"Sangat terbatas, sehingga perlu penguatan-penguatan penambahan dan pengembangan, baik itu sarana di bidang infrastruktur, mobilisasi, termasuk juga untuk di bidang penganggaran dan lain-lainnya," ujar Budi.
Baca juga:
- Kompolnas Sebut Polisi Sangat Awam Penanganan Kasus SLAPP
- Daftar Nama Sembilan Anggota Kompolnas yang Dilantik Prabowo
Komentar
KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!