BERITA

Kepolisian Klaim Angka Kecelakaan Arus Mudik di Banyumas Menurun

"Kepolisian mencatat delapan orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Banyumas, Jawa Tengah selama arus mudik dan balik antara H-7 hingga H+7 lebaran Idul Fitri 2016. "

Muhamad Ridlo Susanto

Kepolisian Klaim Angka Kecelakaan Arus Mudik di Banyumas Menurun
Ilustrasi: Polisi mengidentifikasi mobil yang terlibat kecelakaan di jalan lintas Blitar-Kediri, Jawa Timur. (Foto: Antara)

KBR, Banyumas – Kepolisian mencatat delapan orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Banyumas, Jawa Tengah selama arus mudik dan balik antara H-7 hingga H+7 lebaran Idul Fitri 2016. Sementara itu, tiga korban meninggal akibat kecelakaan tunggal tak dimasukkan dalam data tersebut.

Menurut Kepala Unit Kecelakaan Satlantas Polres Banyumas Djoko Sulastro, sesuai prosedur kepolisian, korban kecelakaan tunggal tak dimasukkan dalam data kecelakaan lalu lintas lebaran.

"Kalau yang meninggal dunia di Satlantas ada delapan. Karena yang lain belum dilaporkan. Dilaporkan setelah operasi Ramadhan. Karena itu kecelakaaan tunggal semuanya. Sudah masuk tapi belum dilaporkan.  Kalau istilah di kepolisian non TL, nanti laporannya tersendiri," jelas Djoko di Banyumas, Sabtu (16/7/2016).

Djoko pun menambahkan, jumlah korban meninggal tahun ini naik dibanding tahun sebelumnya pada periode yang sama. Pada 2015 lalu, tercatat sebanyak satu korban tewas akibat kecelakaan lalu lintas. Meski begitu ia mengklaim, jumlah kecelakaan menurun 17 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Untuk Lakalantas-nya menurun sebanyak 17 persen. Kami paksakan, kami arahkan untuk berisitirahat, untuk menekan angka kecelakaan. Karena di kita hanya transit sehingga kadang-kadang mereka tidak mau beristirahat," imbuhnya.

Kecelakaan didominasi sepeda motor dan mobil pribadi. Sedangkan kecelakaan yang melibatkan angkutan umum tidak terlalu signifikan.

Lebih lanjut Djoko Sulastro menjelaskan, untuk menekan angka kecelakaan pada arus balik gelombang kedua antara 16 - 17 Juli 2016 ini Kepolisian Banyumas mengimbau agar pemudik beristirahat di sejumlah rest area yang disediakan di Banyumas. Sebab, kemacetan dan padatnya arus kendaraan mengakibatkan pengendara cepat lelah.

Kepolisian juga menempatkan petugas di sejumlah titik rawan kecelakaan dan macet. Selain itu, papan peringatan dan imbauan untuk beristirahat juga dipasang merata di seluruh jalur yang dilintasi para pemudik.


Editor: Nurika Manan

  • Kecelakaan Mudik
  • angka kecelakaan mudik lebaran
  • Kecelakaan Lalu Lintas
  • kepolisian Banyumas

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!