NASIONAL

Kepala Desa Keluhkan Ketiadaan Sosialisasi Pencairan Dana Desa

"KBR, Jakarta - Kepala Desa di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan mengeluhkan sosialisasi terkait waktu pencairan dan besaran dana desa."

Sasmito

Kepala Desa Keluhkan Ketiadaan Sosialisasi Pencairan Dana Desa
dana desa, pangkep, sulawesi selatan

KBR, Jakarta - Kepala Desa di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan mengeluhkan sosialisasi terkait waktu pencairan dan besaran dana desa.

Salah satu Kepala Desa, Nurhayati mengatakan, hingga saat ini belum ada informasi dari pemerintah terkait dana tersebut ke pihaknya. Ia khawatir, program yang telah disusun bersama masyarakat tidak berjalan sesuai rencana karena sosialisasi yang kurang.

"Memang terus terang saya bingung tentang dana desa ini. Biasanya kita molor sampai berapa lama sampai bulan 4 dananya cair. Padahal perencanaan tidak sesuai itu. Harusnya dananya sudah pasti sesuai perencanaan pada awal tahun, sehingga pada bulan 2 sudah bisa berjalan," jelas Nurhayati saat dihubungi KBR, Selasa (25/11).

Nurhayati menambahkan dana desa tersebut nantinya akan diprioritaskan untuk kelompok miskin. Di antaranya untuk pembangunan sumur rumah, renovasi rumah dan kegiatan-kegiatan kelompok masyarakat.

Sebelumnya, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar meminta aparat desa menyiapkan program yang sesuai dengan kondisi dan potensi setempat. Pasalnya dana desa sebesar Rp 1,4 miliar itu siap untuk digelontorkan tahun depan.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • dana desa
  • pangkep
  • sulawesi selatan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!