NASIONAL

Kemenhut Tidak Akan Perketat SVLK

"KBR68H, Jakarta - Kementerian Kehutanan tidak akan memperketat aturan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK). Ini terkait tuntutan Koalisi LSM Lingkungan yang menilai SVLK masih memiliki celah bagi peredaran kayu ilegal."

AUTHOR / Danu Mahardika

Kemenhut Tidak Akan Perketat SVLK
kementerian kehutanan, SVLK

KBR68H, Jakarta - Kementerian Kehutanan tidak akan memperketat aturan Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK). Ini terkait tuntutan Koalisi LSM Lingkungan yang menilai SVLK masih memiliki celah bagi peredaran kayu ilegal.

Juru bicara Kementerian Kehutanan Sumarto Suharno mengklaim SVLK saat ini telah memberikan efek positif diantaranya peningkatan ekspor kayu dan penurunan kasus kayu ilegal sehingga tidak perlu diubah aturannya.

"Ilegal loging dengan adanya SVLK ini memang turun drastis karena memang ada sistem yang transparan karena ada sistem yang mudah dilakukan oleh masyarakat. Tapi kalau misal ada hal-hal seperti yang disampaikan teman-teman Walhi, mari kita perbaiki bersama. Kalau ada begitu kita laporkan saja kepada PPNS kehutanan atau ke Kepolisian. Sehingga ada kotoran sedikit jangan merusak sistem yang lainnya. karena ini sudah berjalan," ujarnya saat dihubungi KBR68H, Selasa (18/3).

Sebelumnya LSM Lingkungan Walhi menilai SVLK dapat dijadikan sarana pencucian kayu ilegal. Manajer kampanye hutan Walhi Zenzi Suhadi mengatakan banyak perusahaan pemegang sertifikat yang justru menjadi perusak lingkungan. Untuk itu, ia meminta pemerintah memperketat dikeluarkannya SVLK.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • kementerian kehutanan
  • SVLK

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!