NASIONAL

Kemenhut Latih Warga Jaga Kawasan Konservasi

"Kementerian Kehutanan melatih 180 orang dari berbagai kelompok dalam Jambore Nasional untuk mendukung konservasi alam."

Rio Tuasikal

Kemenhut Latih Warga Jaga Kawasan Konservasi
Konservasi, Kementerian Kehutanan, Taman Nasional

KBR, Jakarta - Kementerian Kehutanan melatih 180 orang dari berbagai kelompok dalam Jambore Nasional untuk mendukung konservasi alam. Mereka yang mendapat pelatihan ini terdiri atas anggota pramuka, pecinta alam, mahasiswa, guru, dan wartawan.


Kepala Sub Direktorat Bina Cinta Alam Kemenhut, Erna Rosdiana mengatakan pelatihan diberikan karena keberadaan polisi hutan dinilai tidak cukup untuk melindungi dan memantau kawasan konservasi.


Indonesia saat ini mempunyai 50 taman nasional dengan total luas 27 juta hektar area konservasi.(Baca: Anggaran Konservasi Taman Nasional Minim)


"UU nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi kan sudah lama. Ternyata itu sosialisasinya kurang ke masyarakat. Sehingga yang namanya kawasan konservasi atau konservasi, orang melihatnya itu hanya cukup melarang.  Sehingga banyak sekali tantangannya, orang belum paham," ujar Erna kepada KBR, di kawasan TN Halimun Salak, Jumat (8/8) malam.


Jambore ini digelar untuk memperingati Hari Konservasi Alam Nasional yang jatuh setiap 10 Agustus. Acara ini dilaksanakan di kawasan TN Halimun Salak, Jawa Barat. Rencananya, kegiatan akan ditutup dengan pelepasan satwa langka jenis elang.


Editor: Sutami


  • Konservasi
  • Kementerian Kehutanan
  • Taman Nasional

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!