BERITA

Kemenhub Tambah Kapasitas Mudik Gratis

"Program mudik gratis bagi warga Jakarta dengan membawa motor."

AUTHOR / Bambang Hari

Suasana Mudik lebaran. Foto: Antara
Suasana Mudik lebaran. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Kementerian Perhubungan kembali menyediakan program mudik gratis. Program ini ditujukan bagi warga Jakarta yang hendak ke kampung halamannya dengan sepeda motor. 

Juru Bicara Kementerian Perhubungan JA Barata menjelaskan telah menyiapkan dua kapal milik TNI Angkatan Laut untuk mengangkut para pemotor. 

Masing--masing kapal bisa menampung hingga 1.500 jiwa dan mengangkut hingga 1.000 unit sepeda motor. Selain itu, Kemenhub juga menyediakan kereta api bagi pemotor yang memilih mudik dengan jalur darat.

"Tahun lalu, program mudik gratis yang menggunakan kereta api bisa menampung 3.800 unit sepeda motor yang bisa terangkut. Untuk tahun ini, kami siap menampung hingga 4.200 unit sepeda motor. Sementara itu, yang menggunakan truk, kami siap menampung 2.800 unit sepeda motor untuk mudik," katanya ketika dihubungi melalui sambungan telepon.


Hingga kini tercatat 10 ribu lebih pemotor yang sudah mendaftar. Pendaftar bisa langsung mendatangi kantor Kementerian Perhubungan dan pelabuhan. Sementara itu, untuk pemudik yang memilih menggunakan kereta api, calon pemudik bisa datang langsung ke Stasiun Bekasi atau kantor Kemenhub untuk mendaftar. 

Editor: Citra Dyah Prastuti

  • mudik gratis
  • mudik pakai motor
  • pemotor mudik
  • kapal mudik tni

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!