NUSANTARA

KAI Daop 6 Yogyakarta Berangkatkan 23 Ribu Penumpang Menjelang Iduladha

""Tiket-tiket keberangkatan dari Stasiun Daop 6 Yogyakarta ke tujuan-tujuan favorit seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Malang masih tersedia di beberapa tanggal tertentu...""

AUTHOR / Ken Fitriani

KAI Daop 6 Yogyakarta Berangkatkan 23 Ribu Penumpang Menjelang Iduladha
Suasana penumpang di Stasiun Daop 6 Yogyakarta saat libur Iduladha, Rabu, 28 Juni 2023. Foto: Humas Daop 6 Yogyakarta

KBR, Yogyakarta- Puluhan ribu penumpang kereta api berangkat dari Stasiun Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta pada H-2 Iduladha, Selasa, 27 Juni 2023.

Berdasarkan data, jumlah keberangkatan paling tinggi berada di Stasiun Yogyakarta, yakni 10.891 pelanggan. Kemudian disusun Stasiun Lempuyangan dengan 5.811 pelanggan, lalu Stasiun Balapan sebanyak 3.845 penumpang. Total ada 23.869 penumpang yang diberangkatkan.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo mengatakan, liburan kali ini bertepatan dengan libur sekolah, sehingga kepadatan terjadi di beberapa stasiun besar. Namun, KAI telah memperkirakan hal itu, dan sudah mempersiapkan pelayanan petugas untuk mengatasi kepadatan.

"Kami mengimbau pelanggan untuk memerhatikan keselamatan baik diri sendiri maupun orang lain serta menjaga barang bawaan maupun anak kecil yang diajak. Untuk menghindari penumpukan antrean di pelayanan boarding Stasiun Yogyakarta dan Solo Balapan, para pelanggan juga diimbau untuk menggunakan fasilitas face recognition agar mempersingkat proses boarding," ujarnya dalam rilis yang dikirimkan, Rabu,(28/6/2023).

Tingkat Kedatangan

Fran menjelaskan, untuk tingkat kedatangan pada H-2 Iduladha juga terjadi kepadatan di Stasiun Daop 6 Yogyakarta. Yakni, total ada 21.777 pelanggan. Jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan dengan hari yang sama pada pekan sebelumnya, yakni 13.267 pelanggan.

"Jumlah kedatangan terbanyak berada di Stasiun Yogyakarta dengan jumlah total 9.246 pelanggan. Disusul Stasiun Lempuyangan sebanyak 3.995 pelanggan dan Stasiun Solo Balapan sebanyak 3.854 pelanggan," jelasnya.

Kata dia, pada periode 26 Juni hingga 2 Juli 2023, terdapat libur panjang Iduladha 2023, yang menyebabkan kenaikan jumlah penumpang. Untuk mengakomodasi kebutuhan pelanggan, Daop 6 Yogyakarta mengoperasikan 25 kereta api jarak jauh dengan keberangkatan awal dari seluruh Stasiun Daop 6 Yogyakarta.

"Selain itu terdapat juga sebanyak 22 KA jarak jauh yang melewati dan berhenti untuk naik turun penumpang di stasiun Daop 6 Yogyakarta," imbuhnya.

Tujuan Favorit

Fran memperkirakan pada H-1 Iduladha atau Rabu, (28/6/) pada pukul 06.00 WIB, terdapat 17.288 pelanggan yang mendatangi stasiun Daop 6 Yogyakarta. Total ada 17.215 pelanggan berangkat dari stasiun Daop 6.

"Tiket-tiket keberangkatan dari Stasiun Daop 6 Yogyakarta ke tujuan-tujuan favorit seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Malang masih tersedia di beberapa tanggal tertentu. Pelanggan dapat mengecek ketersediaan tiket secara mudah menggunakan aplikasi KAI Access, web kai.id, atau channel penjualan resmi lainnya. Apabila tiket yang diinginkan tidak tersedia, pelanggan bisa menggunakan fitur connecting train atau KA persambungan di aplikasi KAI Access," pungkasnya.

Baca juga:

Editor: Sindu

  • KAI
  • KAI Daop 6 Yogyakarta
  • Libur Iduladha
  • Kereta Api

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!