BERITA

Jelang Tour de Flores, DPRD NTT Minta PLN Tingkatkan Kapasitas Listrik

"DPRD Nusa Tenggara Timur meminta PLN di daerah itu memastikan ketersediaan listrik jelang helatan Tour de Flores, pada Mei nanti. "

Silver Sega

Jelang Tour de Flores, DPRD NTT Minta PLN Tingkatkan Kapasitas Listrik
Tour de Flores 2016 (Foto: tourdeflores.id)

KBR, Kupang - DPRD Nusa Tenggara Timur meminta PLN di daerah itu memastikan ketersediaan listrik jelang helatan Tour de Flores, pada Mei nanti. Anggota DPRD NTT Emanuel Kolfidus meminta manajemen PLN menyeimbangkan kebijakan pemerataan listrik di tiap-tiap daerah. Ia mengatakan, selama ini PLN kerap memfokuskan kebijakannya pada suplai di wilayah Timor dan, cenderung mengabaikan daerah Flores dan Sumba.

"Kalau saya lihat rasio prosentase kelistrikan di Nusa Tenggara Timur lebih banyak di Kupang dari pada di Flores dan Sumba. Karena itu saya sarankan mungkin kebijakan Pak GM bisa mendorong atau meyakinkan direksi pusat untuk menyeimbangkan kebutuhan listrik baik di sistim Timor, tetapi lebih penting juga Flores dan Sumba," kata Emanuel Kolfidus di Kupang, Sabtu (9/4/2016).


Apalagi kata dia, kedua daerah tersebut merupakan daerah tujuan para wisatawan. "Kita tahu bawa Flores dan Sumba itu dua destinasi pariwisata yang sangat luar biasa. Sehingga perlu peningkatan kapasitas listrik di daerah Flores dan Sumba. Apalagi di FLores dalam waktu dekat akan ada kegiatan Tour de Flores," imbuhnya.


Berdasarkan catatan PLN NTT, dari 1,09 juta rumah tangga di NTT, masih ada 462.000 rumah tangga yang belum mendapat akses listrik. Baik dari perusahan listrik negara maupun non-PLN. Daerah dengan akses listrik terendah adalah Kabupaten Sumba Tengah sebanyak 23,95 persen. Atau dari 13.183 rumah tangga, hanya 3.026 rumah tangga yang mendapat akses listrik. 

Kegiatan Tour de Flores akan berlangsung pada Mei 2016. Sebanyak 30 negara dari empat benua bakal ikut serta. Para peserta dengan bersepeda akan memulai titik awal di Larantuka, Kabupaten Flores Timur dan berakhir di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Peserta Tour de Flores akan  melewati hampir 700 kilometer dan akan menyinggahi sejumlah tempat atau obyek wisata. 

Editor: Nurika Manan

  • Tour de Flores
  • PLN NTT
  • NTT
  • pln
  • Listrik Flores
  • DPRD NTT

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!