BERITA

Inilah Lokasi Empat Pos Kesehatan Pemudik Yang Disediakan Polres Jombang

"Sarana dan fasilitas kesehatan itu disediakan cuma-cuma sebagai salah satu cara meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas."

AUTHOR / Muji Lestari

Inilah Lokasi Empat Pos Kesehatan Pemudik Yang Disediakan Polres Jombang
Salah satu Pos Kesehatan di jalur Surabaya – Madiun Desa Gondang Manis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang. Foto: Muji Lestari KBR

KBR, Jombang – Jelang lebaran,  Kepolisian Jombang Jawa Timur menyediakan Pos Pengamanan Lebaran yang dilengkapi dengan fasilitas kesehatan. Dari 15 pos pantau yang berada di sepanjang jalur nasional Surabaya – Madiun, empat diantaranya dilengkapi dengan sarana kesehatan yang diperuntukkan bagi pemudik, Senin (13/07/2015).

Kepala Kepolisian Jombang, Sudjarwoko, mengatakan, sarana dan fasilitas kesehatan itu disediakan cuma-cuma sebagai salah satu cara meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas. Pasalnya, sebagian besar insiden kecelakaan yang kerap menimpa pemudik disebabkan oleh human error atau kesalahan manusia akibat kondisi kesehatan fisik yang menurun dan kelelahan.


Seluruh pos faskes itu disiapkan bagi pengguna jalan dari empat sudut wilayah yang menjadi perbatasan antar Kabupaten. Yakni dari arah Surabaya, Pantura dan Keluar Kota Jombang menuju Kediri serta sebaliknya.


“Ada empat pos yang menyediakan fasilitas kesehatan, ada di Mojoagung, Jalan Wahid Hasyim yang besar itu, di Gondang Manis Kecamatan Bandar Kedungmulyo, satu lagi di Ploso. Siapa saja pengguna jalan yang kebetulan lewat kemudian membutuhkan fasilitas kesehatan silahkan bisa digunakan.” Kata Sudjarwoko.


Fasilitas kesehatan tersebut diantaranya meliputi obat-obatan, satu orang tenaga medis, satu ruang atau bilik beserta dengan alas tidurnya dan ambulan darurat milik Dinas kesehatan setempat.  Diimbau kepada para pemudik agar hati-hati saat mengemudi  dan tidak tidak memaksakan diri ketika menderita sakit saat mudik.


Sementara, Kepolisian Jombang menerjunkan sekitar 600 personelnya untuk pengamanan lebaran tahun ini. Seluruh anggota polisi itu disebar disejumlah titik yang menjadi rawan kecelakaan maupun macet dan 15 pos pantau yang berada di sepanjang jalur nasional dari Kecamatan Mojoagung hingga Bandar Kedungmulyo.


Editor: Citra Dyah Prastuti 

  • Pos Kesehatan Jombang
  • Arus mudik
  • Jalur Mudik
  • Fasilitas Kesehatan pemudik

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!