NASIONAL

Indeks Harga Perdagangan Besar Maret 2023 Naik

"Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) merupakan perubahan yang terjadi pada harga pembelian barang oleh para pedagang besar dari konsumen."

AUTHOR / Sadida Hafsyah

Indeks Harga Perdagangan Besar Maret 2023 Naik
lustrasi: Suasana aktivitas bongkar muat peti kemas di kawasan Pelabuhan Pelindo II, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (15/11/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

KBR, Jakarta- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) nasional meningkat 0,27 persen pada Maret 2023.

Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) merupakan perubahan yang terjadi pada harga pembelian barang oleh para pedagang besar dari konsumen.

Deputi bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini mengatakan ada sejumlah sektor yang mengalami inflasi HPB. Seperti sektor pertanian 0,49 persen, pertambangan dan penggalian sebesar 0,52 persen, dan industri 0,22 persen.

"Informasi IHPB bulan Maret 2023. Pada Maret 2023 IHPB umum nasional bulan ke bulan adalah sebesar 0,27 persen. Perubahan IHPB tahun ke tahun pada Maret 2023 yaitu sebesar 5,44 persen," ucap Pudji dalam konferensi pers BPS, Senin, (03/04/23).

Pudji menambahkan, perubahan IHPB tahun kalender atau year to date, pada Maret 2023 terhadap Desember 2022 adalah sebesar 1,16 persen.

Kata dia, jika dilihat dari data secara tahunan, kenaikan IHPB terjadi pada semua sektor.

"Kenaikan tertinggi terjadi pada sektor pertambangan dan penggalian," tuturnya.

Sementara pada data bulanan, sektor pertanian mengambil andil besar dalam menyumbang IHPB yaitu 0,09 persen, kemudian sektor industri menyumbang 0,18 persen.

Baca juga:

Editor: Resky Novianto

  • BPS
  • IHPB
  • Indeks Harga Perdagangan Besar

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!