BERITA

Iklim Tak Cocok, Petani Diminta Tak Tanam Tembakau

"Tahun ini merupakan kemarau basah, tak cocok untuk tanam tembakau."

AUTHOR / Friska Kalia

Iklim Tak Cocok, Petani Diminta Tak Tanam Tembakau
Ilustrasi, Petani tembakau. Foto: Antara

KBR, Bondowoso– Dinas Kehutanan dan Perkebunan Bondowoso, Jawa Timur, mengingatkan para petani untuk tidak menanam tembakau di luar areal yang telah disepakati. Ini menyusul adanya kajian dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang menyebutkan iklim tahun ini kurang menguntungkan untuk budidaya tembakau.

Kepala Dishutbun Bondowoso, Muhammad Erfan mengatakan, berdasarkan kajian dari BMKG yang diterima oleh pihaknya, disebutkan  tahun ini merupakan kemarau basah. Sehingga, kata dia, tidak cocok untuk menanam tembakau. Petani beresiko merugi jika tetap nekat tanam tembakau.

"Tahun ini kemarau basah dan itu tidak menguntungkan untuk tembakau. Kalau sekarang saya mendorong kesana terus rugi siapa yang mau tanggung jawab,” kata Muhammad Erfan kepada KBR, Selasa (5/4/2016).

Erfan bahkan sudah meminta Bupati untuk tak memasang target di setiap kecamatan. Karena jika Pemkab memasang target secara otomatis harus menyediakan pasar untuk tembakau hasil produksi.

“Iklim ini bukan tidak bisa, hanya saja kualitasnya akan turun. Kalau kualitas turun, pabrik mana yang mau terima. Makanya kita produksi sesuai dengan kesepakatan saja,” imbuh Erfan.

Tahun ini Pemkab epakat menjalin kerjasama dengan pabrik untuk membeli tembakau seluas 1.000 hektar dengan prediksi perhektar akan menghasilkan 1,2 ton tembakau. 

Editor: Malika


  • petani tembakau
  • musim kemarau basah
  • tembakau

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!