RAGAM

Habitat Indonesia Bangun Rumah Layak Huni bagi MBR di Bali

"Kegiatan ini merupakan lanjutan dari program pembangunan 3 rumah layak huni yang sudah dilakukan Januari 2023 lalu."

AUTHOR / Paul M Nuh

Habitat Indonesia Bangun Rumah Layak Huni bagi MBR di Bali
Relawan Bali Bulid 2023 menyempatkan berfoto bersama.

KBR, Bali - Bali dikenal sebagai destinasi wisata yang indah yang banyak menyedot wisatawan mancanegara. Semenarik dan indahnya Bali, nyatanya masih ada beberapa daerah di Bali yang masih tidak layak huni. Di Desa Purwakerti, setidaknya ada 40 rumah yang hanya terbuat dari anyaman bambu, dan beberapa ada yang masih berlantai tanah. Tidak ada toilet, bahkan ada di antara penghuninya sering buang air sembarangan.

Merespon kondisi tersebut, Habitat for Humanity Indonesia menggagas kegiatan bertajuk Bali Build, aktivitas membangun 6 rumah layak huni bagi keluarga berpenghasilan rendak di Desa Purwakerti, Kec. Abang, Bali pada tanggal 4 April 2023. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari program pembangunan 3 rumah layak huni yang sudah dilakukan Januari 2023 lalu.

I Nengah Suanda, Kepada Desa Purwakerti menjelaskan, bahwa warga di desanya belum mampu membangun rumah dan toilet karena hampir 90% hanya bekerja sebagai nelayan yang pendapatannya tidak stabil.

Niluh, salah seorang relawan Bali Build sangat terharu dan terkesan dengan kegiatan ini. "Terharu melihat mereka bertahan tingngal di rumah yang kondisinya begitu, sementara kita hidup dengan segala kecukupan. Ikut dalam kegiatan ini, aku hanya ingin mengembalikan apa yang kupunya kepada mereka yang membutuhkan, mereka kurang beruntung seperti kita," tuturnya.

Ditegaskan Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia, kehadiran Habitat Indonesia di Bali untuk menyediakan hunian yang layak diharapkan dapat memberikan kehidupan yang lebih sejahteran. "Setiap orang berhak memiliki hunian yang layak. Saya berharap keluarga yang sudah kita bantu memiliki kehidupan yang layak dan sejahtera."

Baca juga: Habitat Indonesia Bangun Rumah Layak bagi MBR di Babakan Madang, Bogor - kbr.id

  • advertorial
  • rumah layak huni
  • Bali Build

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!