RAGAM

Gym Day: 5 Tips Aktivitas Agar Menjaga Kesehatan Kamu!

"Gym Day dimulai pada tahun 2022 yang didirikan oleh para penggemar kebugaran dari klub olahraga MyFitness di Estonia dan Latvia. Cek selengkapnya disini!"

Iqbal Rizqy Ramadhan

Ilustrasi Excersise di Gym.

KBR, Jakarta – Tahukah kamu, kalau setiap tanggal 12 September merupakan perayaan “Gym Day” sedunia?

Gym (singkatan dari "Gymnasium") Day didirikan oleh para penggemar kebugaran dari klub olahraga MyFitness di Estonia dan Latvia yang dimulai pada tahun 2022.

Hal ini bertujuan untuk mengajak masyarakat menjaga kesehatan dengan lebih aktif bergerak dan membiasakan menjaga kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, menjadi aktif tidak hanya membantu kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental, kepercayaan diri, dan bahkan hubungan sosial. Perayaan Gym Day ini diharapkan dapat menginspirasi orang untuk bergerak aktif.

Gym sendiri merujuk kepada fasilitas atau tempat yang dirancang khusus untuk berolahraga, terutama untuk tujuan kebugaran fisik.

Gym biasanya dilengkapi dengan berbagai peralatan dan fasilitas yang mendukung aktivitas fisik dan latihan, serta dapat menjadi tempat bagi individu untuk mencapai berbagai tujuan.

Tujuan tersebut seperti kebugaran, mulai dari peningkatan kekuatan otot, penurunan berat badan, hingga meningkatkan kesehatan jantung dan pernapasan.

Adapun berbagai macam aktivitas yang bisa kamu lakukan di Gym seperti;

1. Latihan Kardiovaskular

red

    Dalam latihan kardiovaskular ini, mencakup berbagai jenis aktivitas yang meningkatkan denyut jantung dan pernapasan. Selain itu, latihan ini membantu membakar kalori, meningkatkan stamina, dan menjaga kesehatan jantung

    Contoh latihan ini seperti berlari di treadmill, bersepeda di sepeda statis, berenang, atau menggunakan alat-alat kardiovaskular lainnya.

    2. Latihan Kekuatan

    red

        Latihan ini memiliki tujuan untuk memperkuat otot-otot tubuh, meningkatkan kekuatan fisik, membentuk otot, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

        Beberapa contoh latihan kekuatan meliputi angkat beban, latihan berat badan, dan penggunaan mesin kekuatan.


        3. Pelatihan Fungsional

        red

          Latihan fungsional melibatkan gerakan-gerakan yang meniru aktivitas sehari-hari. Tujuan dari pelatihan fungsional ini adalah untuk meningkatkan kekuatan dan keterampilan yang relevan dalam kehidupan sehari-hari.

          Contoh latihan fungsional seperti angkat benda, dorong, atau menarik.


          4. Peregangan dan Fleksibilitas

          red

            Tentunya dalam melakukan aktivitas kebugaran atau kesehatan fisik tentu diperlukannya peregangan. Peregangan adalah bagian penting dari rutinitas Gym untuk menjaga fleksibilitas otot dan sendi. Hal ini dapat membantu mencegah cedera dan meningkatkan kisaran gerakan tubuh.

            5. Yoga dan Meditasi

            red

              Selain itu, beberapa Gym juga menawarkan kelas yoga dan meditasi. Hal ini membantu meredakan stres, meningkatkan fleksibilitas, dan meningkatkan kesadaran diri.

              Jadi, berikut beberapa penjelasan aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan serta kebugaran tubuh kamu.Tentunya dalam melakukan aktivitas tersebut perlu memperhatikan beberapa hal seperti keselamatan, konsistensi, nutrisi yang seimbang, recovery, dan tujuan yang jelas/sudah terencana.

              Yuk mulai peduli dengan kesehatan serta kebugaran tubuh kamu untuk hidup yang lebih aktif.

              Untuk mendapatkan informasi lainnya kamu dapat mengunjungi kbr.id!

              • kesehatan
              • kebugaran
              • olahraga
              • Gimnasium
              • workout

              Komentar

              KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!