NASIONAL

Gaikindo Setuju Mobil Murah Pakai Premium

"KBR68H, Jakarta- Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyetujui larangan mobil murah dan ramah lingkungan (low cost and green car/LCGC) mengkonsumsi BBM bersubsidi atau premium."

Pipit Permatasari

Gaikindo Setuju Mobil Murah Pakai Premium
Gaikindo, Mobil Murah, Pakai Premium

KBR68H, Jakarta- Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyetujui larangan mobil murah dan ramah lingkungan  (low cost and green car/LCGC) mengkonsumsi BBM bersubsidi atau premium. Ketua Gaikindo Jhonny Darmawan mengatakan, alasannya karena mesin mobil itu menggunakan standar emisi euro dua. Dia menjelaskan dengan ukuran mesin itu, maka harus menggunakan BBM dengan beroktan diatas sembilan satu.

" Bahwa semenjak tahun 2006, itu semua kendaraan yang diproduksi di dalam negeri harus mengacu kepada standar emisi euro 2. Euro dua harus pake BBM dengan oktan 91 titik selesaikan. Jdi betul dong mobil-mobil 2006 keatas harus menggunakan BBM yang oktannya 91 termasuk LCDC ini. Premium 88 , pertamax 92," kata Joni Darmawan saat dihubungi KBR68H.

Ketua Gaikindo Jhonny Darmawan menambahkan mesin kendaraan akan cepat rusak jika pembeli masih tetap menggunakan BBM bersubsidi sebagai bahan bakarnya. Sebab teknologi yang dipakai LCGC  dibuat khusus untuk memakai BBM non subsidi. Sementara itu, pemerintah segera membuatkan peraturan khusus untuk melarang konsumsi BBM bersubsidi bagi mobil murah.(Baca: Mobil Murah Seharusnya Dijual di Pedesaan Bukan di Perkotaan)

Editor: Nanda Hidayat

  • Gaikindo
  • Mobil Murah
  • Pakai Premium

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!