RAGAM

Evakuasi Tahap Pertama di Bandara Internasional Soekarna-Hatta, 358 WNI Dipulangkan

"Kegiatan penjemputan WNI asal Sudan di Bandara Soekarno-Hatta dipimpin langsung oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dan Panglima Tentara Nasional Indonesia, Yudo Margono."

AUTHOR / Daryl Arshaq Isbani

Evakuasi Tahap Pertama di Bandara Internasional Soekarna-Hatta, 358 WNI Dipulangkan
Konferensi Pers terkait evakuasi tahap pertama.

KBR, Jakarta – Pada Jumat, 28 April 2023 Bea Cukai Soekarno-Hatta ikut serta dalam proses peninjauan langsung evakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) karena konflik bersenjata di Sudan. Memburuknya situasi keamanan di Sudan, menjadikan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri, Kemenko PMK dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) melakukan upaya evakuasi terhadap WNI di Sudan. Hal tersebut merupakan evakuasi tahap pertama yang telah dilakukan dengan lancar bertempat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan jumlah 385 orang dari total 880 WNI yang akan dipulangkan.

Kegiatan penjemputan WNI asal Sudan di Bandara Soekarno-Hatta dipimpin langsung oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dan Panglima Tentara Nasional Indonesia, Yudo Margono.

Dalam konferensi persnya Retno selaku Menteri Luar Negeri menyampaikan "Ini adalah ketibaan tahap pertama ke Tanah Air WNI yang dievakuasi dari Sudan melalui Jeddah, mengingat perjalanan evakuasi sangat panjang dan melelahkan, maka setiba di Jakarta mereka akan diinapkan sementara di Asrama Pondok Gede sebelum dipulangkan ke daerah masing-masing. Alhamdulillah, evakuasi dari Sudan hari ini dapat dilakukan dengan lancar dan itu hanya dapat kita lakukan dengan kerjasama dengan banyak pihak".

red
Kegiatan penjemputan WNI asal Sudan di Bandara Soekarno-Hatta.

Dalam upaya mendukung kepulangan WNI asal Sudan ini, Kepala KPU Bea Cukai Soekarno Hatta, Gatot Sugeng Wibowo bersama jajaran Koordinator Terminal PDTT dan unit Pengawasan, secara aktif membantu para penumpang asal Sudan ini dalam hal pemberitahuan Electronic Customs Declaration (ECD) dan proses registrasi IMEI atas handphone asal LN bawaan mereka.

Tercatat sebanyak 64 penumpang berhasil melakukan registrasi IMEI secara lancar dan kembali melanjutkan perjalanan ke Asrama Haji Pondok Gede sebelum kembali ke daerah asal masing-masing.

  • advertorial
  • sudan
  • evakuasi
  • konflik sudah
  • WNI

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!