BERITA

Ditempatkan di Sel Isolasi, Kesehatan Baasyir Menurun

Muhamad Ridlo

Ditempatkan di Sel Isolasi, Kesehatan Baasyir Menurun
Abu Bakar Baasyir (tengah) (Foto: Muh Ridlo/KBR)

KBR, Cilacap– Asisten Abu Bakar Baasyir, Hasyim Abdullah mengatakan kesehatan Baasyir menurun lantaran ditempatkan di sel isolasi khusus Lembaga Pemasyarakatan (LP) Pasir Putih, Pulau Nusakambangan. Terpidana teroris itu langsung ditempatkan di sel isolasi sejak sidang PK terakhir di Pengadilan Negeri Cilacap, 9 Februari lalu.

“Dia tidak mendapat sinar matahari dan mendapat udara yang segar. Memang sejak sidang PK yang lalu, langsung ditempatkan di sel baru, sel khusus LP Pasir Putih,” katanya saat dihubungi KBR, Selasa (04/05).

Ujarnya lagi, ditempatkannya Baasyir di sel isolasi, ada pembatasan siapa yang bisa menjenguknya, “Antara lain tidak boleh dijenguk oleh orang umum.”

Saat bertemu dengan penjenguk sekalipun, Abu Bakar tetap tidak langsung berada di satu ruangan. Baasyir ditempatkan di ruangan terpisah yang dibatasi sekat. Pihak keluarga memprotes tindakan Lapas yang menurut mereka melanggar Hak Asasi Manusia (HAM).

Perlakuan lain adalah dia dilarang shalat berjamaah. “Memang yang kita sayangkan dan juga protes itu shalat Jumat yang tidak diperbolehkan berjamaah. Padahal kan itu kewajiban ya,” tandasnya.

Hingga berita ini diturunkan, KBR belum berhasil mengkonfirmasi mengenai hal ini kepada Kepala LP Pasir Putih, Hendra Eka Putra. Nomor pribadi yang biasa dihubungi tidak aktif.

Editor: Dimas Rizky 

  • abu bakar baasyir
  • terorisme

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!