BERITA

Dijadikan Tersangka, Gubernur Sumut Minta Jangan Buru-buru Dinonaktifkan

Dijadikan Tersangka, Gubernur Sumut Minta Jangan Buru-buru Dinonaktifkan
Razman Arief Nasution, Pengacara Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho

KBR, Jakarta - Tersangka Kasus Suap Hakim PTUN, yang juga menjabat sebagai Gubernur Gatot Pujo Nugroho mengaku kecewa dengan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Ini menyusul rencana Tjahjo yang langsung memproses surat pembebasan tugasnya sebagai gubernur. Pengacara Gatot, Razman Arief Nasution mengatakan, seharusnya Tjahjo tidak buru-buru memproses penonaktifan kliennya. Sebab, status hukum kliennya yang ditetapkan sebagai tersangka belum memiliki kekuatan hukum tetap. Sehingga Razman meminta agar Mendagri Tjahjo Kumolo, memperlakukan kliennya seperti warga negara yang lain sebelum statusnya berkekuatan tetap.

“Ini kekeliruan hukum yang luar biasa padahal sebelumnya beliau dengan tegas mengatakan tunggu sampai dengan proses pengadilan jadi kalau menteri bicaranya seperti itu bisa menimbulkan implikasi yang luar biasa di Sumatera Utara. Kalau begitu saya minta menteri supaya meluruskan bahwa tunggu pada proses persidangan. Dan sesuai dengan undang-undang kehakiman bahwa seorang saksi, tersangka, terdakwa, bahkan terpidana yang belum berkekuatan hukum tetap wajib disetarakan dengan masyarakat biasa yang tidak bersalah,” ujarnya kepada wartawan di Kantor KPK.


Bernuansa Politis

Razman juga menuding apa yang dilakukan Menteri Tjahjo bernuansa politis. Sebab seperti diketahui, Wakil Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi merupakan kader dari Partai Nasional Demokrat--yang berkoalisi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan--yang juga merupakan partai asal Tjahjo Kumolo. Sedangkan Gatot Pujo Nugroho merupakan kader Partai Keadilan Sejahtera yang berstatus sebagai partai oposisi.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan akan segera mengirim radiogram untuk pengangkatan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi sebagai pelaksana tugas gubernur. Hal ini dilakukan mengingat Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho dan istriny Evi Susanti ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK beberapa hari yang lalu.


Editor: Bambang Hari

  • gatot pujo nugroho
  • Kasus Suap PTUN Medan
  • Razman Arief Nasution
  • Tjahjo Kumolo

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!