NASIONAL

Dewan Pengawas Bakal Evaluasi Hitung Cepat RRI

Dewan Pengawas RRI bakal mengevaluasi pelaksanaan hasil hitung cepat yang dilakukan lembaganya.

AUTHOR / Sindu Darmawan

Dewan Pengawas Bakal Evaluasi Hitung Cepat RRI
pilpres, politik, survei, rri

KBR, Jakarta- Dewan Pengawas RRI bakal mengevaluasi pelaksanaan hasil hitung cepat yang dilakukan lembaganya.

Anggota Dewan Pengawas RRI, Tias Anggoro mengatakan evaluasi itu diantaranya membahas soal keberimbangan dalam menyiarkan hasil hitung cepat dan peninjauan ulang sumber daya manusia yang dilibatkan.

"Kalau saya pribadi perlu ada koreksi ke dalam. Perlu ada koreksi ke dalam terhadap terhadap pelaksanaan survei tersebut. Koreksi itu terhadap banyak hal, ya. Yang pertama bagaimana kita menyelamatkan siarannya, ya. Karena RRI sebagai lembaga penyiaran tentu saja harus menampilkan juga atau menunjukkan prinsip keberimbangan dan netralitasnya. Artinya dalam siaran tidak hanya menyiarkan hasil survei milik puslitbang diklat RRI sendiri ya, tapi juga menyiarkan hasil survei milik lembaga lain."

Sebelumnya, RRI merilis hasil hitung cepat yang menunjukkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul dengan perolehan 52 persen lebih. Sementara pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memperoleh 47 persen lebih.

Namun, kegiatan ini dipermasalahkan oleh Komisi Penyiaran DPR, dan berniat memanggil jajaran direksi untuk menjelaskan sumber dana pelaksanaan survei itu. Bahkan, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melarang RRI menayangkan hasil hitung cepatnya pada pilpres 9 Juli lalu.


Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!