BERITA

BPS: Harga Gabah Kering Panen di Petani Masih Rp 5.211 Perkilogram

"Jumlah itu naik dari harga bulan lalu"

AUTHOR / Quinawaty Pasaribu

BPS: Harga Gabah Kering Panen di Petani Masih Rp 5.211 Perkilogram
Kepala Badan Pusat Statistik Suryamin (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga Gabah Kering Panen (GKP) secara nasional di petani berada di kisaran Rp 5.211 perkilogram. Menurut Kepala BPS, Suryamin, terjadi kenaikan harga sejak Januari lalu. "Harga gabah pada bulan Februari 2016, harga rata-rata di tingkat petani GKP terjadi peningkatan 0,1 persen dengan harga Rp 5.211 perkilo. Dibandingkan dengan Januari terjadi kenaikan 1,72 persen," ujarnya dalam konferensi pers di gedung BPS, Selasa (03/01).

Kata dia, dengan kisaran angka itu maka berimbas pada harga beras dari jenis Premium, Medium hingga Rendah, yang mengalami kenaikan antara 0,63 hingga 1 persen. Saat ini harga beras jenis Premium sebesar Rp 9.785 perkilogram, Medium Rp 9.622 perkilogram dan rendah Rp 9.195 perkilogram. Sementara itu, harga yang ditetapkan pemerintah (HPP) gabah yakni Rp 3.700 perkilogram.

Sementara, GKP terjadi kenaikan 1,13 persen dan harga pada tingkat penggilingan GKP terjadi kenaikan 0,14 persen. "Mudah-mudahan saat panen raya sudah menurun," ujarnya lagi.

Suryamin menambahkan, dari 82 kota yang diamati pihaknya, harga beras di 52 kota masih mengalami kenaikan, 14 kota stabil dan 16 kota turun. Enam belas kota itu di antaranya Jawa Timur, Tangerang, DKI Jakarta dan Yogyakarta. 

Editor: Dimas Rizky

  • BPS
  • suryamin
  • gabah kering panen
  • survei

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!