NUSANTARA

BPBD-Pemda Jateng Segera Perbaiki Jalur Evakuasi Merapi

"Jalur ini rusak karena sering dilewati truk penambang pasir yang kelebihan muatan."

AUTHOR / Dimas Rizky

BPBD-Pemda Jateng Segera Perbaiki Jalur Evakuasi Merapi
BPBD Jateng, Merapi, Yogyakarta

KBR68H, Jakarta – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah mengkhawatirkan jalur evakuasi Gunung Merapi yang rusak. 


Kepala BPBD Jateng Sarwa Permana mengatakan kerusakan terjadi karena jalur ini sering dilewati truk penambang pasir yang kelebihan muatan. Menurut Sarwa, BPBD akan berkoordinasi dengan Pemda setempat untuk memperbaiki jalur tersebut. 


“Sempat terjadi unjuk rasa menuntut perbaikan jalur itu. Tapi kewenangan ada di pemerintah daerah, bukan provinsi,” kata Sarwa di program Sarapan Pagi KBR68H Kamis (1/5). 


“Saat gubernur meninjau lokasi, kami sudah sampaikan semua. Ya ini perlu kerjasama antara pengusaha dan juga pengelola material di jalur lahar tersebut.”


Status Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah – Daerah Istimewa Yogyakarta naik menjadi waspada sejak kemarin. Kenaikan status diberlakukan karena intensitas gempa terus meningkat. Aktivitas Merapi juga menimbulkan suara dentuman yang terdengar hingga radius 8-13 kilometer. 


Editor: Citra Dyah Prastuti


  • BPBD Jateng
  • Merapi
  • Yogyakarta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!