NASIONAL

BPBD Jateng Bantah Terlibat Proyek Normalisasi Sungai Merapi

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah mengaku tidak tahu-menahu soal proyek rehabilitasi dan normalisasi sungai di lereng Gunung Merapi."

AUTHOR / Muhammad Irham

BPBD Jateng Bantah Terlibat Proyek Normalisasi Sungai Merapi
normalisasi sungai, merapi, korupsi

KBR68H, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Tengah mengaku tidak tahu-menahu soal proyek rehabilitasi dan normalisasi sungai di lereng Gunung Merapi. Kepala BPBD Jawa Tengah, Sarwa Permana mengatakan, proyek tersebut ditangani langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum.

Dia juga tidak tahu soal dugaan praktik korupsi dalam proyek yang bernilai Rp 600 miliar, seperti yang diungkap LSM lingkungan Walhi.

"Ya, saya tidak tahu persis. Itu dari Kementerian PU langsung. Untuk kegiatannya kita nggak," ungkap Sarwa kepada KBR68H.

Sebelumnya, LSM lingkungan Walhi menduga ada praktek korupsi dalam proyek rehabilitasi dan normalisasi sungai di lereng Gunung Merapi. Direktur Eksekutif Walhi Yogyakarta, Suparlan mengatakan berdasarkan laporan masyarakat, proyek ratusan miliar tersebut dianggap tidak transparan dan banyak terjadi penyelewengan anggaran. Sehingga pihaknya meminta ke KPK untuk memeriksa proyek tersebut.

Editor: Suryawijayanti 

  • normalisasi sungai
  • merapi
  • korupsi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!