BERITA

BI Pertahankan BI 7 Days Reserve Repo Rate di Level 5,25 Persen

"Perubahan sistem bunga suku bunga acuan dilakukan sejak April lalu"

AUTHOR / Dian Kurniati

BI Pertahankan BI 7 Days Reserve Repo Rate di Level 5,25 Persen

KBR, Jakarta- Rapat dewan gubernur Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga acuan BI 7 days reserve repo rate di level 5,25 persen. Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan, pada rapat yang berlangsung sejak kemarin itu juga tak mengubah deposit facility, tetapi menurunkan lending facility. Kata dia, BI 7 days repo rate telah resmi menggantikan BI rate sebagai suku bunga acuan.

"Rapat dewan gubernur Bank Indonesia memutuskan untuk memertahankan BI 7 days reserve repo rate sebesar 5,25 persen, dengan suku bunga deposito facility sebesar 4,5 persen dan lending diturunkan sebesar 1 persen dari 7 persen menjadi 6 persen," kata Agus di kantornya, Jumat (19/08/16).


Agus mengatakan, perubahan suku bunga acuan menjadi 7 days reserve repo rate itu untuk meningkatkan transmisi moneter di pasar keuangan. Kata dia, BI juga menjaga koridor simetris dengan menetapkan batas bawah dan batas atas koridor masing-masing 75 basis poin (bps) dari BI 7 days reserve repo rate.


Sejak April lalu, BI mengumumkan akan mengubah suku bunga acuan dari yang sebelumnya BI rate menjadi BI 7 days reserve repo rate. Perubahan suku bunga itu diharapkan bisa memberikan sinyak positif ke perbankan untuk memperdalam pasar keuangannya. Pasalnya, selama ini jarak antara BI rate dan suku bunga antarbank sangat lebar. Sehingga, kondisi pasar keuangan yang sebenarnya bisa tercemin melalui BI 7 day reserve repo rate.

Editor: Dimas Rizky

  • suku bunga acuan
  • bank indonesia
  • Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!