NUSANTARA

Banyak Kabupeten di Maluku Belum Pahami Otonomi Daerah

"Asisten I Setda Maluku, Angky Renyaan mengatakan bidang pemerintahan umum kabupaten/kota banyak menyisakan masalah. Hal ini disebabkan kabupaten/kota belum seutuhnya memahami dan menjalankan sistem pemerintahan dan otonomi daerah dengan baik."

Radio DMS Ambon

Banyak Kabupeten di Maluku Belum Pahami Otonomi Daerah
otonomi daerah, maluku

Asisten I Setda Maluku, Angky Renyaan mengatakan bidang pemerintahan umum kabupaten/kota banyak menyisakan masalah. Hal ini disebabkan kabupaten/kota belum seutuhnya memahami dan menjalankan sistem pemerintahan dan otonomi daerah dengan baik.

Renyaan menjelaskan sering kali pihak luar selalu melakukan intervensi terhadap bidang pemerintahan karena dinilai masih terdapat kekurangan dan kemunduran.

Untuk menjawab masalah bidang pemerintahan maka pentingnya mengangkat peran dan kedudukan Gubernur sebagai wakil pemerintah di wilayah provinsi dengan mengoptimalkan kerjasama antardaerah.

Angky Renyaan menambahkan peran Gubernur dan optimalisasi kerjasama pemetaan batas daerah dan kebijakan pengelolaan kawasan perlu menjadi target sehinga dapat bersinergi dalam menguatkan program penyelenggara pemerintahan umum antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Dia berharap Gubernur Maluku dapat menyelaraskan berbagai urusan pemerintahan termasuk melakukan pembinaan pengawasan dan koordinasi kegiatan pembangunan yang terkait dengan pemerintahan. Hal ini dimaksud agar bidang pemerintahan dapat berjalan dengan optimal. 


sumber: radio DMS


  • otonomi daerah
  • maluku

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!