NUSANTARA

Banyak Angkutan Umum di Bondowoso Tidak Laik Jalan

"Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor Bondowoso, Jawa Timur, masih menemukan banyak kendaraan umum yang tidak layak beroperasi."

AUTHOR / Friska Kalia

Banyak Angkutan Umum di Bondowoso Tidak Laik Jalan
angkutan umum, bondowoso

KBR68H, Bondowoso – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor Bondowoso, Jawa Timur, masih menemukan banyak kendaraan umum yang tidak layak beroperasi. 


Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Bondowoso, Subagyo mengatakan, dari total 123.000 lebih kendaraan umum yang tercatat di Samsat, hanya 4.400 yang terdaftar sebagai kendaraan wajib uji KIR di UPT Pengujian Kendaraan Bermotor.


“Kondisinya secara umum banyak yang sudah tidak layak. Dari fisik kendaraan, kami menemukan di lapangan ada yang kacanya ditutup plastik, tahun kendaraan yang sudah lama, tentu semua perlu peremajaan,” kata Subagyo kepada KBR68H, Kamis (13/02/2013).


Berdasarkan pantauan kontributor KBR68H di Bondowoso, kondisi kendaraan umum yang membahayakan penumpang diantaranya, rem yang kurang berfungsi dengan baik, tidak adanya spidometer, kaca mobil pecah, hingga kondisi ban yang tipis. 


Sementara itu, Kepolisian dan TNI secara rutin menggelar operasi penertiban di lapangan, untuk meminimalisir beroperasinya kendaraan yang tidak layak beroperasi. 


Editor: Antonius Eko 

  • angkutan umum
  • bondowoso

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!