NASIONAL

Bantu Penanganan Gempa di Turkiye, Indonesia Kembali Berangkatkan 119 Orang

""Ini cuacanya lebih ekstrem, kemarin pada hari Sabtu kita sudah berangkat kan tim SAR sejumlah 47 orang dan tim pendahulu dari BNPB ada 12 orang,""

AUTHOR / Muthia Kusuma

Bantu Penanganan Gempa di Turkiye, Indonesia Kembali Berangkatkan 119 Orang
Pelepasan Tim Kemanusiaan Indonesia membantu penanganan gempa di Turkiye dan Suriah, Sabtu (13/2/23). (Foto: Youtube BNPB TV)

KBR, Jakarta - Pemerintah Indonesia memberangkatkan 119 orang tim kemanusiaan untuk membantu penanganan gempa bumi bermagnitudo 7,8 di Turkiye dan Suriah, Senin (13/2/2023).

"119 orang nanti silakan bertugas di sana dan ingat beda dengan tim kesehatan yang kemarin diberangkatkan ke Pakistan, ini cuacanya lebih ekstrem, kemarin pada hari Sabtu kita sudah berangkat kan tim SAR sejumlah 47 orang dan tim pendahulu dari BNPB ada 12 orang," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Suharyanto saat melepas tim kemanusiaan di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta.

Suharyanto mengatakan, tim kemanusiaan yang berangkat hari ini terdiri atas personel medis dari Kementerian Kesehatan, TNI/Polri, serta organisasi masyarakat.

Ia melanjutkan, pemerintah juga mengirim bantuan logistik berupa rumah sakit lapangan, peralatan kesehatan, obat-obatan, tenda hingga makanan siap saji.

"Seluruh tim yang diberangkatkan akan bertugas di Turkiye," ungkap Suharyanto.

Sementara bantuan kemanusiaan Indonesia di Suriah, pemerintah hanya akan mengirimkan bantuan logistik, bukan tim medis darurat.

"Itu sesuai hasil pertimbangan keamanan personel tim yang diberangkatkan," katanya.

Baca juga: 

Ditambahkannya, Indonesia biasa mengirimkan bantuan-bantuan kemanusiaan seperti yang dilakukan untuk korban gempa di Turkiye dan Suriah.

"Kami mencatat dari kurun waktu 2010 sampai 2022 ini sudah 17 kali kita melaksanakan mengirimkan bantuan kemanusiaan ke negara-negara yang terkena bencana. Paling terakhir kemarin tahun 2022 kita juga mengirimkan tim kemanusiaan ke Pakistan," imbuh Suharyanto.

Editor: Kurniati Syahdan

  • gempa Turkiye
  • gempa suriah
  • tim kemanusiaan
  • tim medis darurat
  • BNPB

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!