BMKG: Januari - Maret 2020, Waspadai Curah Hujan Ekstrem

Dwikorita Karnawati menambahkan, meskipun intensitas hujan ekstrem itu terjadi tiga bulan berturut-turut, namun kejadian itu tidak terjadi serempak di seluruh wilayah Indonesia.

NASIONAL

Senin, 30 Des 2019 16:47 WIB

Author

Heru Haetami

BMKG: Januari - Maret 2020, Waspadai Curah Hujan Ekstrem

Petugas BMKG Memprediksi Cuaca Melalui Tampilan Layar Monitor. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, curah hujan dengan intensitas ekstrem pada 2020 akan terus semakin meningkat. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan, curah hujan diperkirakan akan meningkat mulai dari Januari hingga Maret.

"(Hujan ekstrem) Masih mungkin terjadi. Kami sampaikan ini belum puncaknya. Jadi puncaknya di Jawa termasuk Jakarta itu semakin meningkat bulan Januari, Februari, Maret, itu baru mencapai puncaknya. Sehingga tentang ekstrem tentunya kalau semakin puncak semakin juga akan sering terjadi," ujar Dwikorita Karnawati usai acara "Refleksi Bencana Tahun 2019 dan Proyeksi Bencana 2020" di Gedung BNPB, Jakarta, Senin (30/12/2019).

Dwikorita menambahkan, meskipun intensitas hujan ekstrem itu terjadi tiga bulan berturut-turut, namun kejadian itu tidak terjadi serempak di seluruh wilayah Indonesia. "Ini tidak serempak di seluruh Indonesia, jadi secara bertahap. Curah hujan mulai tinggi dibulan Januari sampai Maret terutama di bagian Selatan pulau Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara, Kalimantan bagian Tengah, Sulawesi dan Papua," katanya.

Selain itu, Dwikorita mengatakan, berdasarkan prediksi BMKG curah hujan bulanan sepanjang 2020 cenderung sama dengan pola normal klimatologinya dan dipastikan tidak ada anomali. Menurutnya, pola yang terjadi cenderung seperti curah hujan rata-rata 30 tahun terakhir.

Karena awal musim hujan dimulai pada November 2019 kemarin, Dwikorita menyatakan, hingga menjelang tahun baru nanti diprediksi akan terjadi hujan. "Artinya sampai tahun baru nanti masih hujan," pungkasnya.  

Editor: Fadli Gaper

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Jaksa Agung Diminta Klarifikasi Pernyataan bahwa Tragedi Semanggi I-II Bukan Pelanggaran HAM Berat