BERITA

2020, BNPB Bakal Tingkatkan Standar Siaga Bencana di '10 Bali Baru'

2020, BNPB Bakal Tingkatkan Standar Siaga Bencana di '10 Bali Baru'

KBR, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berniat meningkatkan standar penanggulangan bencana di 10 destinasi wisata prioritas 'Bali Baru'.

Destinasi prioritas itu meliputi Danau Toba, Kepulauan Seribu, Pulau Morotai, Tanjung Kelayang, Wakatobi, Tanjung Lesung, Candi Borobudur, Mandalika, Gunung Bromo, dan Labuan Bajo.

"Karena pemerintah fokus penerimaan negara dari pariwisata, maka BNPB bersama Kemenpar menyusun sebuah konsep, yakni BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) akan kita dukung, kita lengkapi, dan akan kita jadikan BPBD berstandar internasional," jelas Kepala BNPB Doni Monardo di situs resminya, Senin (30/12/2019).


Berita Terkait: KEK Tanjung Lesung, Belum Ada Fasilitas Darurat Bencana di Master Plan-nya


SDM dan Rencana Tata Ruang

Peningkatan standar siaga bencana di 10 'Bali Baru' akan dilakukan dengan dukungan sumber daya manusia (SDM) dari berbagai lembaga negara.

"Nantinya, BPBD di daerah-daerah pariwisata prioritas akan didukung langsung oleh pemerintah pusat. Dukungan tersebut antara lain berupa lembaga otonom dari BMKG, Badan SAR Nasional (Basarnas), unsur TNI AL dan AU, serta polisi pariwisata. Penerapan dukungan ini sudah berlaku di Bali," jelas BNPB di situs resminya.

Selain memberi dukungan lewat lembaga di atas, pemerintah pusat akan menyiapkan SDM pakar sesuai dengan kerentanan bencana di tiap destinasi.

"Misalnya, Labuan Bajo yang dekat dengan Gunung berapi Rinjani dan Tambora akan didukung oleh pakar geologi," jelas BNPB.

Kepala BNPB Doni Monardo juga akan memberi saran rencana tata ruang kepada pemerintah daerah di destinasi wisata prioritas.

"Misalnya, jangan membuat bangunan di kemiringan sekian karena rawan longsor. Kita tidak mau ada wisatawan yang celaka, sedang duduk di bawah tebing lalu kena batu lepas. Jangan sampai wisatawan tidak mau datang karena hal tersebut," kata Doni.

Editor: Agus Luqman

  • mitigasi bencana
  • bencana
  • bali baru
  • pariwisata

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!