Polri: Jadi Ketum PSSI, Iwan Bule Tak Perlu Mundur dari Polri

"Kan Ketum PSSI adalah Mochamad Iriawan bukan polisinya. Bukan polisinya. Dan itu tidak ada penunjukan dari institusi. Itu adalah hak beliau sendiri," ujar juru bicara Polri Muhammad Iqbal.

BERITA | NASIONAL

Selasa, 05 Nov 2019 13:05 WIB

Author

Lea Citra

Polri: Jadi Ketum PSSI, Iwan Bule Tak Perlu Mundur dari Polri

Ketum PSSI Mochamad Iriawan (tengah) didampingi dua Waketum Cucu Somantri (kiri) dan Iwan Budianto saat KLB PSSI di Jakarta (2/11/2019). (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Mabes Polri menyatakan, Mochamad Iriawan alias "Iwan Bule" tidak perlu mundur dari Korps Bhayangkara karena menjabat Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2019-2023. 

Juru bicara Mabes Polri, Muhammad Iqbal mengklaim, Iwan Bule akan bekerja keras dan telah mendedikasikan dirinya kepada PSSI. Iqbal menegaskan, statusnya sebagai anggota kepolisian tidak akan pernah sedikit pun mempengaruhi kinerja Iwan Bule.

"Kan (yang) Ketum PSSI adalah Mochamad Iriawan, bukan polisinya. Bukan polisinya. Dan itu tidak ada penunjukan dari institusi (kepolisian), itu adalah hak beliau sendiri. Beliau diminta dan beliau juga mendedikasikan sendiri untuk ikut dalam pemilihan tersebut, begitu ya. Dan itu kalo kita lihat bersama-sama, mekanismenya beliau ikuti, semua ikuti. Demokratis, pemilihannya," kata Muhammad Iqbal di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Jubir Mabes Polri menyebutkan, Iwan Bule tidak harus mundur dari kepolisian karena terpilih menjadi Ketum PSSI.

"Kalo organisasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia itu kan bukan organisasi politik. Beda kalau menjabat seorang menteri, seorang apa namanya terus ikut kontestasi Pemilu dan lain sebagainya, ya jelas harus ada aturan," ujar Muhammad Iqbal.

Ingin Majukan Sepak Bola Nasional

Mochamad Iriawan terpilih sebagai Ketum PSSI periode 2019-2023 dalam sebuah pemilihan yang dilaksanakan pada Kongres Luar Biasa PSSI di Hotel ShangriLa, Jakarta, pada Sabtu (2/11/2019). Jenderal polisi bintang tiga itu mengalahkan pesaingnya. Ia sempat berjanji akan memajukan sepak bola Indonesia. 

"Semua calon ketua punya visi misi yang sama yaitu memajukan sepak bola Indonesia. Kita tentu akan melihat pertimbangan kedepan tentang visi misi yang mungkin sama dengan saya. Kenapa tidak, kalau memang harus untuk kepentingan sepak bola ya. Jadi semua ketua punya visi dan misi yang sama, bagus. Oleh sebab itu saya berharap mari bangun sepak bola Indonesia yang kita cintai," tutur Mochamad Iriawan ketika itu. 

Editor: Fadli Gaper 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Rencana Pembentukan Komponen Cadangan Militer Tuai Polemik

Hari Pneumonia Sedunia, Mari Cegah Pneumonia pada Anak