Menkominfo: Indonesia Siap Jadi Negara Digital Tahun 2035

"Pembangunan infrastruktur komunikasi dan informasi besar-besaran inilah yang akan menjadikan negara kami siap menjadi negara digital pada tahun 2035."

BERITA | NASIONAL

Selasa, 26 Nov 2019 16:29 WIB

Author

Adi Ahdiat

Menkominfo: Indonesia Siap Jadi Negara Digital Tahun 2035

Menteri Kominfo Johnny G Plate berfoto usai pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengklaim Indonesia akan siap menjadi negara digital pada 2035.

Hal itu ia sampaikan dalam pertemuan menteri antarnegara Internet Governance Forum (IGF) 2019 di Berlin, Jerman, Senin (25/11/2019).

“Pada 2024 nanti, daerah-daerah terpencil di seluruh jajaran kepulauan ini akan mendapat manfaat dari internet kecepatan tinggi 10 megabit per detik. Pembangunan infrastruktur komunikasi dan informasi besar-besaran inilah yang akan menjadikan negara kami siap menjadi negara digital pada tahun 2035,” kata Menkominfo Johnny di acara tersebut, seperti dilansir Sekretariat Kabinet RI, Selasa (26/11/2019).


Baca Juga: Era 4.0, Jutaan Pelaku Usaha Mikro-Kecil Masih 'Buta Internet'


Potensi Pasar Digital Indonesia

Di kesempatan sama, Menkominfo Johnny G. Plate juga memaparkan potensi pasar digital di Indonesia.

“Dalam ranah media sosial, Indonesia merupakan negara kelima yang paling aktif secara digital di dunia. Indonesia menjadi pasar terbesar ke-4 untuk Facebook dan Instagram. Sekitar 40 persen dari penduduk Indonesia tercatat aktif sebagai pengguna WhatsApp,” tuturnya.

“Sangat menarik karena semua pencapaian tersebut bukan hanya diraih karena jumlah penduduk yang tinggi, namun juga oleh berbagai strategi dan kebijakan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, berikut ekosistem dan industrinya. Semua pencapaian itu diraih dalam konteks pengembangan infrastruktur jaringan yang banyak menemui hambatan, terutama demografis, geografis, dan finansial," katanya lagi.

Johnny menyebut ke depannya Kementerian Kominfo akan terus menyelenggarakan program-program pendidikan keterampilan dan literasi digital, seperti melalui Digital Talent Scholarship dan Digital Leadership Academy.

Menurut hasil survei Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), sampai tahun 2018 ada sekitar sekitar 64 persen atau 171 juta jiwa penduduk Indonesia yang sudah terhubung ke internet.

Dari jumlah pengguna internet itu, sekitar 55 persen atau separuhnya berada di Pulau Jawa.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN

Perempuan dan Anak Dalam Pusaran Terorisme