Ketum PSI Grace Natalie Dilaporkan Polisi atas Tuduhan Penistaan Agama

Kuasa Hukum PPMI, Eggy Sudjana menyebut pernyataan Grace terkait Peraturan Daerah Syariah dianggap bernada kebencian terhadap suatu agama.

BERITA , NASIONAL

Jumat, 16 Nov 2018 19:41 WIB

Author

Dwi Reinjani

Ketum PSI Grace Natalie Dilaporkan Polisi atas Tuduhan Penistaan Agama

Ketua Umum PSI, Grace Natalie (kanan) saat penyerahan daftar caleg dari partai. (Foto: ANTARA/Akbar N)

KBR, Jakarta - Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) melaporkan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie ke Bareskrim Polri atas tuduhan dugaan penistaan agama. Kuasa Hukum PPMI, Eggy Sudjana menyebut pernyataan Grace terkait Peraturan Daerah Syariah dianggap bernada kebencian terhadap suatu agama.

Grace sebelumnya menyatakan PSI tidak akan pernah mendukung peraturan daerah yang berlandaskan agama. Bagi Grace, fanatisme keagamaan dapat menimbulkan ketidakadilan, diskriminatif dan intoleransi.

"Dalam kesempatan ini kami sudah memberikan warning kepada Grace, dalam artian warning, sudi kiranya meminta maaf karena statement-nya itu sudah masuk unsur ungkapan rasa permusuhan, dan kategori kebencian pada agama," ujar Eggy di gedung Bareskrim Polri, Jumat (16/11/2018).

Eggy Sudjana menjelaskan, apa yang disampaikan Ketum PSI Grace Natalie bertentangan dengan sejumlah Pasal dalam Undang-undang Nomor 1 tahun 1945. Ia menganggap ungkapan yang disampaikan Grace bohong belaka dan dapat menimbulkan kebencian.

"Kenapa bohong, karena ia mengatakan perda yang berdasar dari perda syariah dan injil itu diskriminatif. Itu tidak benar, fitnah. Diperda yang mengandung surat Almaidah dan Al Kafirun dimana menunjukan perintah saling menghargai."

Surat pelaporan dilakukan atas nama Sekretaris PPMI, Zulkhair. Dalam surat itu, Grace dilaporkan atas dugaan pelanggaran Pasal 156A KUHP, Pasal 27 ayat (3) juncto Pasal 28 ayat (2) junto Pasal 14 juncto Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. 

Sebelumnya menurut Eggy, Grace sudah diberikan kesempatan untuk meminta maaf terkait pernyataan yang disampaikan pada perayaan ulang tahun ke-empat PSI. Namun hingga kini, kata dia, tak ada perkataan maaf dari Grace. Sehingga Eggy dan kawan-kawannya pun meminta Bareskrim Polri segera memproses hukum laporan terhadap Ketum PSI tersebut.



Editor: Nurika Manan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Melawan Sampah Plastik di Samarinda

Melawan Sampah Plastik di Samarinda

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18