Syahrul Yasin Limpo Ditugasi Jokowi Entaskan Kelaparan

Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Presiden Jokowi memerintahkannya untuk menjadi menteri yang akan memastikan tidak ada lagi warga yang kelaparan di Indonesia.

BERITA | NASIONAL

Selasa, 22 Okt 2019 12:00 WIB

Author

Dian Kurniati

Syahrul Yasin Limpo Ditugasi Jokowi Entaskan Kelaparan

Politisi Partai Nasdem Syahrul Yasin Limpo tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019). (Foto: Antara/Puspa Perwitasari)

KBR, Jakarta - Politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang juga bekas Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, memberi sinyal bahwa dirinya ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pertanian. 

Syahrul mengatakan, Jokowi memerintahkannya untuk menjadi menteri yang nantinya harus memastikan bahwa tidak ada warga yang kelaparan di seluruh Indonesia. 

Kata Syahrul, Presiden Jokowi juga berpesan agar dirinya menjalankan tugas sebagai menteri dengan maksimal.

"Saya tidak disampaikan akan jadi menteri apa. Yang banyak beliau tanyakan pada saya, bagaimana agar 272 juta jiwa penduduk itu bisa kita jamin agar mereka bisa lebih baik, lebih damai, lebih tenteram, lebih teratur, terpenuhi kebutuhan dasarnya. Lebih khusus, di bidang pertanian, perkebunan, perikanan, dan lain-lain sebagainya," kata Syahrul di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/10/2019).

Di hadapan awak media, Syahrul mengklaim kelak akan mampu menjalankan pekerjaannya sebagai menteri dengan baik. Alasannya, ia menyebut sudah banyak berpengalaman dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan di daerah. "Saya pernah pernah menduduki jabatan dari level desa hingga provinsi," tukasnya.

Ditambahkan Syahrul, penunjukan dirinya sebagai menteri bukan atas karena usulan Partai NasDem. Ia berkata, Jokowi langsung memintanya menjadi menteri, tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. 

Namun, kata Syahrul, Surya Paloh merestuinya menjadi menteri dan berpesan agar dirinya bekerja dengan baik. Ia juga mengklaim partainya akan tetap kritis terhadap kebijakan Jokowi, meski bergabung dalam koalisi pendukung pemerintahan.

Hari ini, Presiden Joko Widodo kembali mengundang sejumlah tokoh yang akan ia tunjuk menjadi menteri pada Kabinet Kerja jilid II, periode pemerintahan 2019-2024. Sudah ada tujuh tokoh yang berdatangan sejak pukul 09.00 wib.

Tokoh pertama yang datang adalah eks Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dilanjutkan politikus Nasdem yang juga eks Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo, dan politikus Golkar yang juga eks Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita. 

Ada pula politikus PDI Perjuangan Juliari Batubara, politikus Partai Nasdem yang juga eks Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Ketua Umum PPP Suharso Monarfa, dan eks Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Pada hari pertama, Senin (21/10/2019) kemarin, Jokowi sudah memanggil 11 nama yang akan mengisi sejumlah jabatan pada periode kedua pemerintahannya, termasuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. 

Editor: Fadli Gaper

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 17

KPK Serukan Penerapan Sertifikasi Sistem Manajemen Antisuap

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13