BERITA

Pertumbuhan Kuartal Tiga? Ini Kata Sri Mulyani

Pertumbuhan Kuartal Tiga? Ini Kata Sri Mulyani

KBR, Jakarta- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani optimistis pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2019 menembus angka lebih dari 5 persen. Dengan prediksi pertumbuhan di tahun ini mencapai 5,1 persen.

Keyakinan ini salah satunya berangkat dari situasi harga pangan yang terkendali. Walau jika mengacu pada target pemerintah pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019, seharusnya pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan sebesar 5,3 persen.


"Kalau konsumsi, kita berharap dengan adanya stabilitas harga, dan kemarin bahkan ada deflasi. Tentu kita bisa mengharap konsumsinya dalam posisi, indeks confidence masih cukup kuat. Jadi kita masih berharap akan tetap terjaga di atas 5 persen," sebut Sri di Kantor Ditjen Pajak, Senin (14/10/2019).


Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menjelaskan pemerintah memperhatikan perkembangan investasi yang akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi.  Kemenkeu terus mewaspadai penurunan investasi yang masuk ke dalam negeri.


"Kita lihat kuartal III dan IV, mungkin yang harus kita lihat adalah investasi apakah masih akan tetap di level 5 persen itu," ujarnya.


Ia menambahkan, kinerja ekspor dan impor yang dirasa cukup berat di tahun ini juga memberikan pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi. Sebab kedua komponen itu, termasuk yang terdampak akan ketidakpastian perekonomian secara global.


Editor: Rony Sitanggang

  • pertumbuhan
  • Sri Mulyani
  • ekonomi hari ini
  • Resesi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!