Empat Kriteria Pimpinan MPR Versi Partai Demokrat

"Pokoknya kami punya persyaratan ketua MPR itu mutlak, Jiwa raganya Pancasila, menjaga NKRI, menjaga UUD 1945, pro Bhineka Tunggal Ika," ujar Benny K Harman.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 03 Okt 2019 13:51 WIB

Author

Resky Novianto

Empat Kriteria Pimpinan MPR Versi Partai Demokrat

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan, paling kiri. (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Ketua Fraksi Partai Demokrat MPR RI, Benny K Harman menyatakan, sampai saat ini partainya belum menentukan dukungan terhadap salah satu calon Ketua MPR RI Periode 2019-2024. 

Benny menyebut, partainya akan terlebih dahulu menimang para calon yang muncul, sesuai dengan empat kriteria yang ditetapkan oleh partai berlambang bintang mercy itu. Kata Benny, kriteria itu mutlak dipenuhi oleh calon Ketua MPR pilihan partai Demokrat.

"Kami masih akan bermusyawarah dulu. Ada calon, DPD mengajukan nama, kemudian Gerindra juga mengajukan nama, kemudian Golkar juga mengajukan nama. Kami masih menimang-menimang. Pokoknya kami punya persyaratan ketua MPR itu mutlak, Jiwa raganya Pancasila, menjaga NKRI, menjaga UUD 1945, pro Bhineka Tunggal Ika. Jadi kami akan menilai siapa yang akan menjadi ketua MPR ini dari empat indikator ini," ucap Benny K Harman di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Ketua Fraksi Partai Demokrat MPR RI, Benny K Harman juga mengungkapkan, partainya sudah bulat mendukung Syarief Hasan, sebagai calon pimpinan MPR. Kata Benny, pengalaman Syarief Hasan di DPR selama empat periode, ditambah dengan rekam jejak sebagai bekas Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, sudah mencerminkan kapasitas dan kapabilitasnya menduduki kursi sebagai Wakil Ketua MPR. 

"Sudah empat periode di DPR, pernah juga duduk di Kebinet Indonesia Bersatu, sehingga kami yakin sekali Beliau mampu, memperjuangkan aspirasi dan kepentingan seluruh rakyat Indonesia, utamanya memperjuangkan apa yang menjadi aspirasi Partai Demokrat di MPR," ujar Benny.

Sebelumnya, tiga nama muncul sebagai calon Ketua MPR periode 2019-2024. Ketiga nama tersebut, yakni Bambang Soesatyo dari Partai Golkar, Ahmad Muzani dari Partai Gerindra, dan Fadel Muhammad dari unsur DPD. Ketiganya merupakan calon kuat pengisi kursi Ketua MPR, yang pemilihannya akan dilangsungkan kamis malam (3/10). 

Editor: Fadli Gaper

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Tim Teknis Pengungkapan Kasus Novel Dinilai Belum Ungkap Apapun