Belum Ada Penolakan di DPR Atas Calon Tunggal Kapolri Idham Aziz

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyebut tidak ada penolakan di DPR terkait nama Idham Aziz, sebagai calon tunggal Kapolri yang sudah diajukan oleh Presiden ke DPR.

BERITA | NASIONAL

Senin, 28 Okt 2019 13:32 WIB

Author

Astri Septiani

Belum Ada Penolakan di DPR Atas Calon Tunggal Kapolri Idham Aziz

Sufmi Dasco Ahmad (duduk paling kanan) bersama pimpinan DPR lainnya pada Jumat, 4/10/2019. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyebut tidak ada penolakan di DPR terkait nama Idham Aziz, sebagai calon tunggal Kapolri yang sudah diajukan oleh Presiden ke DPR. Bahkan Dasco sendiri menilai, sosok Idham Aziz sangat memenuhi kriteria untuk menjadi Kapolri.

"Yang lalu-lalu kan presiden memang selalu hanya mengirimkan satu nama ke DPR, apabila tidak ada satu dan lain hal diluar DPR, kemungkinan besar kawan-kawan ya sampai saat ini ya saya belum melihat adanya penolakan pada sosok yang dikirim oleh presiden tersebut. Saya enggak bisa mewakili seluruh DPR, tapi kalau menurut saya sosok Pak Idham Aziz itu saya pikir dari segi kapasitas kemudian angkatan, hasil kerja menurut saya sudah memenuhi kapasitas sebagai calon seorang Kapolri," kata Dasco saat ditemui di Gedung DPR RI (28/10/19).

Dasco menjelaskan, DPR sudah mempelajari sosok calon tunggal Kapolri Idham Aziz, termasuk meneliti rekam jejaknya. Hal itu dilakukan untuk mempersiapkan pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di DPR. Ia menjelaskan, fit and proper test akan dilakukan oleh Komisi bidang Hukum DPR yaitu Komisi III.

"Ya kalau didalami itu tentunya nanti kawan-kawan di Komisi III sudah mempelajari rekam jejak kemudian sudah mempelajari apa yang sudah dilakukan dan juga sudah mempelajari masalah-masalah apa yang akan dihadapi oleh Kapolri baru. Dan saya pikir tidak akan keluar dari situ fit and proper test yang dilakukan oleh teman-teman di Komisi III nanti," tambah Dasco.

Ia menjelaskan, untuk melakukan fit and proper test, DPR harus terlebih dahulu menetapkan komisi-komisi dalam Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Ia berharap, proses penentuan komisi hingga fit proper test dapat selesai dalam waktu yang tidak terlalu lama.

"Jadi untuk fit and proper test calon tunggal Kapolri karena Surpres-nya sudah diterima oleh DPR, dan insya Allah hari ini atau paling lambat besok, itu komisi kita akan kalau sudah siap nanti Pak M Aziz Syamsuddin sebagai Ketua bidang Korpolhukam, sore atau besok akan menetapkan komisi, lalu kemudian hari ini kita ada Rapim untuk membahas Surpres Kapolri itu. Dan kalau jadi, besok setelah sore Bamus akan diadakan Rapat Paripurna yang isinya antara lain akan menugaskan Komisi III untuk melakukan fit and proper test terhadap calon tunggal Kapolri," jelasnya.

Sebelumnya, nama Idham Azis telah diajukan oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal Kapolri pengganti Kapolri sebelumnya, Tito Karnavian, yang mengundurkan diri karena ditunjuk menjabat Menteri Dalam Negeri di "Kabinet Indonesia Maju" periode 2019-2024 oleh Presiden Joko Widodo.

Editor: Fadli Gaper  

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

KPK Serukan Penerapan Sertifikasi Sistem Manajemen Antisuap

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12