Share This

100 Seniman Akan Terlibat dalam Konser Amal untuk Korban Gempa Sulteng

Donasi bisa diberikan secara langsung saat konser kemanusiaan berlangsung, juga melalui fitur ‘Donasi Palu’ di Tokopedia, laman Kitabisa.com, atau mengirimkan langsung ke rekening Bank ILUNI UI

BERITA , NASIONAL

Rabu, 03 Okt 2018 18:53 WIB

Konferensi pers konser kemanusiaan bertajuk “Gala Dana 100 Biduan, 100 Hits untuk Palu, Donggala Sulteng

KBR, Jakarta – Lebih dari 100 seniman akan berpartisipasi dalam konser kemanusiaan bertajuk "Gala Dana 100 Biduan, 100 Hits untuk Palu, Donggala, Sulteng" pada Jumat (5/10/2018) pukul 13.00-23.00 di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan.

Ketua inisiator kegiatan, Loemongga Kartasasmita berharap konser kemanusiaan ini mampu menggugah masyarakat Indonesia untuk membantu para korban gempa di Sulawesi Tengah.

"Acara ini kami buat dengan harapan bahwa dengan adanya dukungan dari teman-teman di industri kreatif, semoga gaungnya bisa lebih besar dengan fanbase yang sangat banyak. Semoga masyarakat bisa jadi lebih tahu dan juga bisa tahu cara mendonasikannya," ujar Loemongga di Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Para musisi lintas generasi yang terlibat dalam konser tersebut di antaranya Raisa, Tulus, Ariel, Afgan, Ikang Fawsi, Krisdayanti, Dira Sugandi, Lea simanjuntak, Titi DJ, Inul Daratista, dan masih banyak lagi. Grup musik bentukan sejumlah menteri dalam Kabinet Kerja, Elek Yo Band, juga berpartisipasi dalam pagelaran ini.

Proses pengumpulan 100 musisi bisa dibilang tak membutuhkan waktu lama. "Hari pertama kami kontak artis, Mas Kadri sudah bisa mengumpulkan 40 saya 16 dari audiensi,  dan 18 dari Indonesia Kita. Jadi total ketika itu sudah hampir 80. Tinggal 20-nya dalam sehari," ungkap Donny Hardono selaku pencetus ide konser kemanusiaan ini.

"Hari ini pun masih ada yang menawarkan diri," tambahnya.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf juga mendukung helatan musik untuk penggalangan dana tersebut. Triawan mengatakan, gerakan sosial yang dikemas dalam aksi kreatif terbukti berhasil mengumpulkan dana yang tidak sedikit, seperti konser kemanusiaan untuk korban di Lombok yang hasilnya diluar ekspektasi.

"Kali ini dengan kolaborasi yang lebih masif dan banyaknya jumlah seniman yang berpartisipasi, semoga kita mampu menghimpun dana bantuan yang lebih besar juga," kata Triawan.

Donasi bisa diberikan secara langsung saat konser kemanusiaan berlangsung. Selain itu juga bisa melalui fitur Donasi Palu di Tokopedia, laman Kitabisa.com, atau mengirimkan langsung ke rekening Bank BNI Cabang UI Depok dari Ikatan Alumni UI (ILUNI) di 2025808889.

Seluruh donasi yang terkumpul akan disalurkan oleh Community Development Center ILUNI UI, yang khusus bergerak di bidang pelayanan dan bantuan masyarakat.

Ketua Umum Pengurus Pusat ILUNI UI Arief Budhy Hartono mengatakan, telah berkonsolidasi dengan pelbagai pihak guna menyalurkan bantuan bagi masyarakat korban bencana di Palu–Donggala juga daerah lain yang terdampak.

"Nantinya dana yang terkumpul dari konser amal ini akan kami salurkan langsung dalam bentuk makanan, pakaian, logistik, hingga bantuan kesehaan, pendampingan pemulihan trauma, dan pembangunan rumah-rumah sementara," jelas Arief.

Konser kemanusiaan tersebut merupakan kolaborasi filantropi terintegrasi karena melibatkan berbagai komunitas dengan keahlian masing-masing.

Selain BEKRAF, ILUNI UI, Tokopedia, dan Kitabisa.com, konser juga didukung oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) yang berpartisipasi dalam merangkul paradonatur. Juga komunitas biduan yang menaungi para seniman, dan Net TV sebagai produser acara.




Editor: Nurika Manan 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.