BERITA

Kapolri Siap Dialog dengan OPM

""Ayo, kita dialog siap.”"

Adi Ahdiat

Kapolri Siap Dialog dengan OPM
Kapolri Tito Karnavian ketika baru tiba di Bandara Sentani, Jayapura, Papua, Selasa (3/9/2019). Kapolri dan Panglima TNI akan berkantor di Papua hingga kondisi Papua kondusif. (Foto: ANTARA/Zabur Karuru)

KBR, Jakarta - Kapolri Tito Karnavian menyatakan siap mengadakan dialog dengan Egianus Kogoya, salah satu pemimpin sayap militer Organisasi Papua Merdeka (OPM) terkait penyelesaian konflik Papua.

“Ya kita proses. Namanya mereka juga usaha untuk hindari kita, ya kita usaha juga tangkap mereka, tinggal pinter-pinteran saja. Tapi kalau mereka mau dialog, ayo, kita dialog siap,” kata Tito di Sentani, Papua, seperti dilansir situs Humas Polri, Rabu (4/9/2019).

Kapolri Tito juga mau menerima pihak ketiga atau mediator dalam dialog tersebut. “Kalau ada tokoh-tokoh menjembatani dialog, oke, asal mereka nggak (minta) macam-macam saja,” ujar Tito.


OPM Juga Minta Berunding

Sebelumnya, OPM juga sudah mengajak pemerintah Indonesia untuk berunding.

"Pemerintah Indonesia harus dan wajib duduk di meja perundingan dengan TPNPB (Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat) OPM serta dengan perwakilan semua organisasi civil. Karena perundingan adalah mekanisme internasional untuk menyelesaikan masalah di wilayah konflik, seperti Papua di dalam NKRI," ujar juru bicara TPNPB OPM Sebby Sambom dalam rilisnya yang diterima KBR, Kamis (29/8/2019).

Ajakan berunding tersebut disampaikan TPNPB OPM setelah peristiwa demonstrasi di Deiyai (28/8/2019) dan Jayapura (29/8/2019), yang berujung ricuh hingga menelan sejumlah korban jiwa, baik dari pihak warga sipil maupun dari aparat.

Editor: Agus Luqman

  • Kapolri
  • TNI
  • OPM
  • konflik papua

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!