Ganjar Pranowo Setuju ASN Kerja dari Rumah

"Kita juga bisa ikuti perkembangan zaman dengan teknologi , bekerja bisa dimana saja tidak harus di kantor," ujar Ganjar.

BERITA | NASIONAL

Senin, 12 Agus 2019 20:21 WIB

Author

Anindya Putri

Ganjar Pranowo Setuju ASN Kerja dari Rumah

Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN). (Foto: ANTARA)

KBR, Semarang - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sepakat dengan rencana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) yang akan mendesain sistem agar Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat bekerja dari rumah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan, langkah yang dilakukan oleh KemenPAN-RB merupakan gagasan yang bisa direalisasikan jika memang mampu memajukan kinerja ASN.

"Kalau kerja di rumah saya setuju saja. Itu bagus kok kalau kemudian sebuah pekerjaan bisa dikerjakan di mana pun. Sebenarnya tidak hanya di rumah saja, itu lebih bisa dikerjakan itu lebih baik. Maka di provinsi Jawa Tengah saya ikhlaskan kok mereka tidak harus pakai finger print datang. Maka di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) itu kalau hari ini mereka kerja dan hari ini keluar mereka bisa menggunakan data presensi dengan menggunakan peralatan. Peralatannya apa? Ya handphone-nya, maka dia bisa tempelkan waktunya dan sebagainya dengan coding yang telah dibuat," ujar Ganjar kepada KBR, Senin (12/8/2019).

Menurut Ganjar, terkait dengan wacana ASN bisa bekerja dari rumah oleh KemenPAN-RB maka hal itu dapat dilaksanakan jika telah melalui regulasi tentang kepegawaian.

Tak hanya itu, harus juga dilandasi dengan penerapan Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE), dan mengikuti perkembangan zaman dengan menggunakan piranti teknologi mampu yang diharapkan mampu mengontrol kinerja para ASN.

"Kita juga bisa ikuti perkembangan zaman dengan teknologi, bekerja bisa dimana saja tidak harus di kantor," jelasnya.

Ganjar menegaskan jika memang aturan ASN bekerja dari rumah nantinya diterapkan, dirinya meminta komitmen dari para ASN untuk tetap bekerja sesuai dengan SOP.

"Mereka (para ASN) ya harus komitmen kalau aturan ini nantinya direalisasikan," harapnya.

Sebagai informasi, KemenPAN-RB mengklaim saat ini sedang mendesain sistem kerja ASN di setiap kementerian lembaga layaknya pekerja di perusahaan rintisan. 

Editor: Fadli Gaper

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Pekan Diplomasi Iklim

Pekan Diplomasi Iklim

Kabar Baru Jam 18