BERITA

Persiapan Rapat Tahunan IMF-Bank Dunia Sudah 85 Persen

Persiapan Rapat Tahunan IMF-Bank Dunia Sudah 85 Persen

KBR, Jakarta- Pemerintah menyatakan persiapan rapat tahunan IMF dan Bank Dunia di Bali sudah mencapai 85 persen dan berjalan baik. Pertemuan para pemimpin dunia dan ekonom itu akan digelar Oktober mendatang.

Menteri Koordinator Bidang Maritim sekaligus Ketua Panitia Nasional Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, pemerintah tinggal menyelesaikan renovasi di Bandara Ngurah Rai, Bali. Proses renovasi tersebut, kata Luhut, mencakup penyelesaian pelebaran apron atau tempat parkir pesawat yang akan selesai September.

"Posisi kita sekarang 85 persen dari persiapan yang ada. Mulai dari tempat, security, Garuda Wisnu Kencana, terus tempat demonstrasi, transportasi, semua tadi sudah kita bicarakan. Dan mereka sudah puas dengan itu karena mereka sudah liat sendiri persiapan kita di sana " ujarnya kepada wartawan usai memimpin rapat persiapan Annual Meeting IMF-World Bank di gedung Kemenko Maritim, Jumat (03/08).

Luhut menambahkan, untuk persiapan ajang ini pemerintah telah menghabiskan 566 miliar Rupiah. Angka ini jauh di bawah anggaran yang disiapkan senilai 810 miliar.

Sementara itu Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menyatakan Indonesia mendorong sejumlah inisiatif dalam agenda rapat tersebut, seperti teknologi finansial (Bali Fintech Agenda), ekonomi syariah (sharia economic finance), dan pemberdayaan perempuan. Indonesia juga mendorong sejumlah pembiayaan infrastruktur.

"Pembiayaan infrastruktur apakah terkait pembiayaan swasta, bisa diselesaikan dan ditandatangani pembiayaannya," ujar Perry.

Pertemuan Tahunan IMF dan Bank Dunia akan membahas isu keuangan dan pembangunan ekonomi se-dunia, termasuk prospek ekonomi, penghapusan kelaparan, dan dana bantuan. Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah untuk rapat tahun ini dan akan menerima 15 ribu orang, termasuk 3,500 delegasi dari 189 negara anggota. Rapat tahunan 2017 digelar di Washington, DC, Amerika Serikat. 

Hari ini Panitia Nasional dijadwalkan bertemu dengan Yvonne Tsikata, sekretaris perusahaan World Bank, dan Jianhai Lin, sekretaris jenderal IMF. Pertemuan ini akan membahas persiapan yang dilakukan Indonesia. 


Editor: Adia Pradana

  • luhut
  • imf
  • world bank

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!